Nasional

Menlu Retno: Tiga WNI Kru Diamond Princess Positif Virus Corona

Oleh : Ronald - Selasa, 18/02/2020 23:36 WIB

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan ada tiga dari 78 warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Diamond Princess yang positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Dua di antara tiga WNI tersebut kini dirawat di rumah sakit kota Chiba, Jepang.

"Tiga dari 78 kru Warga Negara Indonesia dinyatakan confirmed, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit di kota Chiba, sementara yang satunya masih menjalani proses untuk menuju ke rumah sakit," ujar Retno Marsudi di Jakarta pada Selasa (18/2/2020).

Retno menjelaskan tiga orang itu sudah termasuk 446 penumpang kapal Diamond Princess yang terinfeksi Virus Corona. Semua WNI di kapal itu bekerja sebagai kru.

Seluruh penumpang di kapal Diamond Princess berjumlah 3.711 dengan total penumpang 2.666. Sementara, 75 WNI lainnya di Diamond Princess masih dipantau KBRI.

"KBRI terus melakukan komunikasi dengan para kru WNI yang masih ada di dalam kapal," ungkap Retno.

Sementara itu, Menlu Retno mengaku masih belum bisa mengungkap ke mana rumah sakit yang dituju WNI yang ketiga. Ia juga enggan menungkap identitas mereka atas dasar etika.

Tim KBRI Tokyo pada Selasa pagi sedang menuju ke kota Chiba. Retno mengatakan, kemungkinan hari ini (tadi siang) mereka sudah tiba untuk memantau kondisi WNI. (rnl)

Artikel Terkait