Daerah

Cegah Virus Corona ke Labuan Bajo, Petugas Tingkatkan Pengawasan

Oleh : Marsi Edon - Rabu, 19/02/2020 01:01 WIB

Ilustrasi Virus Corona.(Foto:Suara.com)

Labuan Bajo, INDONEWS.ID - Upaya pencegahan terhadap virus corona ke Labuan Bajo terus dilakukan oleh petugas terkait di daerah itu. Pertemuan tekhnis membahas penanganan virus tersebut dan pemeriksaan penumpang kapal oleh petugas juga dilakukan.

"Selain itu dalam waktu dekat juga kami akan segera melakukan pertemuan gabungan lintas pihak terkait," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Paulus Mami. Labuan Bajo, Selasa,(18/02/2020)

Dinas Kesehatan setempat kata dia, bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bersama-sama melakukan upaya antisipasi.Dijelaskannya, KKP sudah memasang alat monitor di Bandara Komodo berkaitan dengan pendeteksian corona.

Pasalnya, alat itu untuk mengetahui suhu tubuh, bila di atas 30 derajat celcius maka akan lakukan pemeriksaan lanjutan.Namun sejak tanggal 27 Februari sampai saat ini kata Paulus, kondisi di Labuan Bajo masih aman dari corona.

Petugas kata dia sempat memeriksa wisatawan dari Australia sebanyak 51 orang yang menggunakan kapal menuju Pulau Padar dan Pulau Komodo dan hasilnya negatif.

Menurutnya, setiap kapal-kapal besar yang mengangkut wisatawan akan diperiksa terkait corona.

Sementara itu warga berharap agar pihak terkait terus melakukan pendeteksian dini terkait virus corona di Labuan Bajo.

"Tentu kita harus memberi apresiasi kepada petugas terkait yang sudah sigap mengantisipasi penyebaran virus corona di Labuan Bajo. Harapannya, upaya-upaya pendeteksian dini harus semakin intens dilakukan agar benar-benar aman," kata warga Labuan Bajo, Asny Theresia.*

Loading...

Artikel Terkait