Nasional

Indonesia Berencana Beli Jet Tempur Sukhoi SU-35 Buatan Rusia

Oleh : luska - Kamis, 20/02/2020 15:01 WIB

Jet Tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia. (Ist)
Jakarta, INDONEWS.ID - Indonesia berencana akan membeli Jet Tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia  untuk perkembangan kelengkapan alutsista TNI.
 
Hal tersebut tertuang saat  Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus), Rakorsus tersebut juga membahas  perkembangan pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI tahun 2020-2024.
 
Rakorsus yang digelar di kantor Menko Polhukam Mahfud MD, Kamis (20/2/2020) juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, serta Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto 

Kontrak pengadaan pesawat tempur generasi ke 4 buatan Rusia ini disebut telah dilakukan oleh pihak Kemenhan dan Rusia. Prabowo juga telah menyambangi Rusia beberapa waktu lalu untuk membahas rencana pembelian Sukhoi SU-35.
 
Namun demikian belum ada deal apapun terkait rencana pembelian Sukhoi SU-35 yang ditaksir bisa menghabiskan anggaran Rp16,75 triliun itu

Sebelumnya beberapa waktu lalu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (12/2) menerangkan masalah finansial menjadi salah satu hal teknis, Meski begitu, Vorobieva optimistis kontrak pembelian pesawat militer Sukhoi SU-35 senilai Rp16,75 triliun itu akan tetap berlanjut.
 
Menko Polhukam Mahfud MD  mengatakan pentingnya peningkatan alutsista untuk menjaga wilayah kedaulatan dan hak berdaulat di Indonesia.
 
" Kita mencatat bahwa kita harus melengkapi alutsista untuk menjaga wilayah kedaulatan dan wilayah hak berdaulat, bahkan juga memagari," kata Mahfud. (Lka)
 
Loading...

Artikel Terkait