Nasional

Ini Penyebab Proyek Normalisasi Kali Ciliwung Mandek

Oleh : Marsi Edon - Jum'at, 28/02/2020 16:40 WIB

Sungai Ciliwung kembali meluap karena banjir yang melanda Jakarta beberapa hari yang lalu.(ANTARA Foto)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, menjelaskan salah satu penyebab mandeknya proyek normalisasi kali Ciliwung. Proyek ini telah direncanakan sejak tahun 2018 yang lalu.

Sebagaimana dikutip Indonews, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Kementerian PUPR Bambang Hidayah menjelaskan, pembebasan lahan menjadi sumber masalah sehingga proyek normalisasi Ciliwung tidak berjalan tepat waktu. Karena itu, ia menegaskan, jika masalah ini selesai, pengerjaan pasti berjalan lancar.

"Kita mah bebas lahan, ya kita kerjakan. Proses pembebasan lahan ini susah memang, lama," kata Bambang di Jakarta, Jumat,(28/02/2020)

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, pihaknya menemukan kendala pada proses pembesan lahan milik warga yang berada di sekitar sungai tersebut. Ia menyebutkan, masalah tersebut di antaranya pada waktu pengukuran tanah milik warga.

Tanah milik warga di sekitar lokasi proyek, kata Bambang, pada umumnya tidak memiliki berkas kepemilikan yang lahan yang lengkap. Hal ini menjadi salah sumber masalah terhadap lamanya proses pembebasan lahan yang ada.

"Ini aduh kadang-kadang warga cuma punya kuitansi pembelian tanah secarik kertas. Yang begitu yang bikin lama," tutup Bambang.*

 

 

 

 

Loading...

Artikel Terkait