Nasional

Iluni Fisip UI Galang Donasi untuk Pedagang Balsem di Tengah Wabah Covid-19

Oleh : Mancik - Sabtu, 28/03/2020 20:23 WIB

Iluni Fisip UI menggalang donasi untuk pedagang yang terkena dampak akibat kebijakan kuliah jarak jauh selama wabah Covid-19.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Program kuliah jarak Universitas Indonesia berdampak pada kehidupan ekonomi pedagang di Balik Semak (Balsem) di Kampus Fisip UI. Pedagang Balsem kehilangan pendapatan karena ketiadaan pembeli selama kampus UI memutuskan kuliah jarak jauh selama wabah Covid-19.

Ketua Iluni Fisip Universitas Indonesia, Binsar Tobing, dalam keteranganya mengatakan, di sekitar kampus Fisip UI, terdapat sekitar 60 pedagang kehilangan pendapatan secara dratis selama kampus tidak kuliah tatap muka. Karena itu, ia mengajak semua pihak, terutama Iluni Fisip UI untuk menggalang donasi bagi pedagang tersebut.

"Balsem adalah singkatan dari Balik semak. Terdapat hampir 60 pedagang balsem yang selama ini melayani kebutuhan mahasiswa Fisip UI," kata Binsar Tobing dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu,(28/03/2020)

Binsar menjelaskan, rencana pemberian bantuan kepada pedagang tersebut akan diberikan selama tiga bulan ke depan. Dengan demikian, para pedagang tidak kehilangan pendapatan dan masih dapat membiayai kehidupan keluarganya.

"Iluni Fisip UI bermaksud untuk memberikan bantuan kepada pedagang Balsem selama 3 bulan," jelasnya.

Binsar sendiri meyakini, gagasan mengumpulkan donasi bagi pedagang di sekitar kampus Fisip UI ini,tidak akan mengalami kendala berarti. Hal ini karena Iluni Fisip UI telah banyak berhasil dan mampu memberikan bantuan yang dibutuhkan.

"Alumni UI banyak yang sudah menjadi pengusaha besar, bahkan menjadi Ketua DPR, Menteri, Staff khusus Presiden/Menteri dan juga direksi dan komisaris di beberapa BUMN besar,"ungkapnya.

Artikel Terkait