Nasional

Satlinlamil Surabaya Nikmati Sinar Matahari Cegah Virus Covid 19

Oleh : luska - Minggu, 29/03/2020 20:01 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto memerintahkan seluruh prajurit dan PNSnya untuk berjemur diri di bawah sinar matahari, Jumat (27/3) di Lapangan Mako Satlinlamil Surabaya. 

Pelaksanaan caring (manas) ini merupakan perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, sebagai Salah satu cara mencegah penularan virus corona.

" Dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi bertujuan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus covid-19" kata Panglima Kolinlamil.

Senada dengan Panglima Kolinlamil, Menurut Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto, berjemur di bawah sinar matahari perlu dilakukan untuk mencegah virus Corona.

Berjemur diri itu dilakukan pada pagi hari selama 60 menit sekitar pukul 08.30- 09.30. Kegiatan itu dilakukan pada saat jam kerja usai apel pagi.

“Matahari bersinar cerah, mari kita luangkan waktu sejenak untuk berjemur menyerap sinar UVB untuk meningkatkan vitamin D3 di tubuh kita, karena pada jam tersebut tubuh kita paling aktif membuat D3 dari matahari, dengan hanya berjemur sekitar 15- 30 menit tubuh kita dapat membuat sekitar 10.000-20.000 IU vit D3, gratis dari Yang Maha Kuasa” ujarnya.

Bila dibandingkan dengan suplemen mahal yang dijual mahal, Vitamin D3 ini perannya sangat penting untuk immunitas tubuh, karena tubuh manusia spesifik menggunakan D3 untuk respon pertama apabila ada virus yang masuk, 

“Bila tubuh kita cukup "peluru" D3 maka virus tidak dapat berkembang dengan cepat dan bila tidak bisa berkembang biak maka kita tidak jatuh sakit atau kita hanya mengalami gejala ringan saja karena cukup amunisi utk melawan virus penyusup” terang Komandan menyampaikan hal tersebut sesuai pesan ahli kesehatan.

Komandan Satlinlamil Surabaya mengimbau kepada prajurit dan PNS untuk selalu menjaga kondisi kesehatan. Selain itu, juga jangan panik dan tetap waspada.

“Intinya, dengan kondisi seperti ini prajurit dan keluarga jangan panik. Ini semua hanya bentuk pencegahan saja,” tutupnya.  
Kegiatan berjemur sinar matahari ini berlangsung selama perintah kini physical distancing berlaku untuk mencegah merebaknya wabah virus corona yang mengkhawatirkan seluruh masyarakat. (Lka)

Artikel Terkait