Gaya Hidup

"WHO MyHealth", Aplikasi Seputar COVID-19 untuk Android dan iOS akan Segera Diluncurkan

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 31/03/2020 10:01 WIB

Penampakan Virus Corona dilihat dengan mikroskop (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempersiapkan aplikasi Android, iOS dan situs khusus untuk memberikan informasi berita, tips, peringatan seputar virus corona baru (COVID-19).

Menurut roadmap pengembangan, seperti dikutip dari laman 9to5google, aplikasi WHO MyHealth rencananya akan dirilis untuk Android dan iOS pada akhir Maret. Namun, dari pantauan pada Selasa, aplikasi tersebut belum tersedia di Play Store dan App Store.

Aplikasi “WHO MyHealth” pada awalnya diusulkan oleh tim ahli dengan nama “WHO Covid App Collective.” Tim itu terdiri dari mantan karyawan Google dan Microsoft serta penasihat dan duta WHO, bersama para pakar industri lainnya.

Namun, versi beta dari aplikasi dilaporkan berisi saran seputar COVID-19, sama seperti yang ditemukan pada chatbot WhatsApp.

Lebih jauh, berdasarkan dokumen desain asli aplikasi, WHO MyHealth rencananya akan menghadirkan notifikasi peringatan khusus terhadap lokasi pengguna, serta menawarkan fungsi sebagai alat “triase mandiri” yang membantu pengguna mendiagnosa apakah gejala yang dialami sama dengan COVID-19.

Pada skala yang lebih besar, lewat aplikasi tersebut, pengembang berencana untuk dapat menelusuri sejarah lokasi perangkat Android atau iPhone pengguna untuk melakukan “pelacakan kontak” untuk memahami penyebaran virus. Namun, mengingat isu privasi, fitur tersebut masih ditinjau ulang.

Aplikasi dapat memanfaatkan teknologi yang ada, seperti Google Maps, yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan apakah mereka telah didiagnosis atau telah melakukan kontak dengan pasien COVID-19, tentunya atas izin pengguna untuk melacak sejarah data lokasi di perangkat mereka.*(Rikardo).

Artikel Terkait