Gaya Hidup

Kabar Mengejutkan! Corona Sebakan Pasokan Kondom Dunia Berkurang Drastis

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 31/03/2020 11:30 WIB

Ilustrasi Kondom (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Semenjak berbagai daerah dan wilayah di sejumlah negera di dunia memberlakukan lockdown dan phisical distancing akibat merebaknya wabah corona atau covid-19, pasokan kondom di dunia berkurang drastis.

Produsen kondom terbesar di dunia asal Malaysia, Karex Bhd berhenti memproduksi kondom di tiga pabriknya di Malaysia lebih dari seminggu karena aturan lockdown yang diberlakukan pemerintah.

"Kita akan melihat kekurangan global kondom di mana-mana, yang akan menakutkan. Kekhawatiran saya adalah bahwa untuk banyak program kemanusiaan ... di Afrika, kekurangannya tidak hanya dua minggu atau sebulan. Kekurangan itu bisa berlangsung berbulan-bulan," kata kepala eksekutif, Goh Miah Kiat mengutip Reuters.

Saat ini, ada kekurangan 100 juta kondom yang dijual di pasar global dengan merek-merek seperti Durex, yang dipasok ke sistem perawatan kesehatan negara seperti NHS Inggris atau didistribusikan oleh program bantuan seperti Dana Populasi PBB.

Perusahaan akhirnya diberi izin untuk memulai kembali produksi pada hari Jumat, tetapi dengan hanya 50 persen dari tenaga kerjanya, di bawah pengecualian khusus untuk industri kritis.

"Ini akan membutuhkan waktu untuk memulai operasional pabrik dan kami akan berjuang untuk memenuhi permintaan pada setengah kapasitas," katanya.

Malaysia adalah negara yang terkena dampak corona di Asia Tenggara, dengan 2.161 infeksi virus corona dan 26 kematian. Lockdown akan diberlakukan di negara itu setidaknya hingga 14 April.*(Rikardo).

Artikel Terkait