Nasional

Mendagri Minta Kepala Daerah Buka Akses Distribusi Kebutuhan Pokok dan Kesehatan

Oleh : Mancik - Jum'at, 03/04/2020 10:31 WIB

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam, Bahtiar, mengingatkan kepala daerah untuk membuka akses distribusi kebutuhan pokok dan logistik kesehatan ke daerah.

Bahtiar menjelaskan, kebutuhan logisitik kesehatan di daerah sangat mendesak, terutama dalam penanganan masalah corona. Karena itu, Kepala Daerah diminta untuk memperlancar proses distrubusi barang yang ada melalui pembukaan akses masuk,baik darat maupun udara.

"Karena itu, Mendagri telah mengingatkan bahwa distribusi logistik kebutuhan pokok masyarakat, pemenuhan pangan masyarakat, pemenuhan kebutuhan alat/barang dan bahan untuk menggerakkan perekonomian serta pemenuhan kebutuhan bidang kesehatan khusus percepatan penanganan Covid-19 tidak boleh ada yang terhambat karena logistik adalah hal yang sangat esensial dan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat," kata Bahtiar di Jakarta, Jumat, (3/04/2020)

Mendagri lanjut Bahtiar, kita punya tanggung jawab besar dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 sesuai kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun, pemblokiran jalan sangat kontra produktif jika menghambat arus keluar masuk distribusi logistik, barang kebutuhan pokok pangan masyarakat atau alat dan bahan bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tenaga medis.

"Memang kita harus mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, namun Pemda juga berkewajiban memastikan kelancaran distribusi logistik bahan pokok masyarakat, alat/ bahan dan barang yang menggerakkan perekonomian masyarakat dan untuk logistik kesehatan masyarakat. Gugus Tugas di daerah harus aktif berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Gugus Pusat Penanganan Covid-19," tutupnya.*

Artikel Terkait