Nasional

Pertiwi Indonesia: Dulu Kawal Jokowi, Sekarang Kawal Paramedis

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 05/04/2020 13:40 WIB

Para Relawan Pertiwi (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wabah Covid-19 yang menyebar di Indonesia menggugah setiap kalangan untuk turut berbuat, salah satu di antaranya Pertiwi Indonesia. Komunitas yang yang dulu dinahkodai Putri K. Wardhani dan mendukung pencapresan Jokowi, kini bergerak di bidang kemanusiaan.

Komunitas perempuan yang ingin meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang mandiri dan berwawasan kebangsaan  itu menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

APD merupakan bantuan tepat guna bagi tenaga medis di Indonesia. Sebagaimana diketahui, seluruh pasien positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 diisolasi. Tanpa ada APD, petugas medis tidak akan bisa masuk ke ruang isolasi dan merawat pasien.

APD juga sangat penting bagi tenaga medis lantaran bisa melindungi diri mereka dari paparan virus corona. Dengan demikian, tenaga medis bisa bekerja maksimal untuk kesembuhan pasien sekaligus menjaga diri dan keluarganya.

Ketua Harian Pertiwi Indonesia, Shinta Omar mengatakan, APD saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis. Mereka ada garda terdepan dan benteng terakhir dalam penanganan serta penanggulanan bencana nonalam Covid-19 di Indonesia.

“Kami menyalurkan bantuan APD dari para donatur untuk rumah sakit dan puskesmas.  Bantuan tersebut semoga bermanfaat untuk melindung tenaga medis kita yang tengah berjuang menanggulangi Covid-19,” katanya, Minggu (5/4/2020).

Ia menyebut ada 17 rumah sakit dan 7 puskesmas dan klinik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonsia. berikut riciannya 

1. RSPAD Gatot Soebroto 
2.RSKD Duren sawit 
3.RSUD  Pasar Minggu
4. RS Fatmawati 
5.RS Persahabatan 
6. RS Karya Medika Bekasi
7. RS St Elisabeth Bekasi 
8. RS Ulin Banjarmasin 
9 RSUD dr Ahmad Diponegoro Putussibau
Kalimantan Barat 
10. RSUD Soe 
Kapubaten Timor Tengah Selatan  NTT
11. RSUD Cibinong Bogor
12. Smile Dentist, Pancoran
13. RS Cikini
14. RSUI, Depok
15. RS Omni Alam Sutra
16. RS. Graha Permata Ibu Depok

Daftar Puskemas dan Klinik
1. Puskesmas kelurahan kota bambu utara JakBar 
2.Puskesmas Bala Raja Cibodas Tangsel 
3.Puskesmas Bambu   Apus Pamulang  Tangsel 
4. Klinik  Cahaya Murni
Moh Kafi Jaksel
5 Puskemas Harjamukti
   Cimanggis Depok
6. Puskemas Kepil 2 
   Wonosobo Jawa Tengah
7. Puskesmas Kelurahan Pedurenan, Kec. Karang Tengah, Tangerang.

Sementara Ketua Bidang Kemanusiaan Pertiwi Indonesia Fara Siahaan menambahkan, mereka yang menerima bantuan tersebut berterimakasih pada Pertiwi dan donatur. Menurutnya tenaga medis saat ini adalah pahlawan kemanusiaan. Oleh karena itu, semua pihak harus bergerak bersama mendukung pemerintah dan tenaga medis yang tengah berjuang melawan Covid-19.

“Terima kasih sudah mencarikan APD dan kebutuhan lainnya yg diperlukan RS. Kurang ini itu. Bisa dibilan kami dibantu cari, gratis. Ini benar-benar meringankan beban kami pekerja garda terdepan. Karena tanpa APD jujur kami pun takut tertular,” kata Fara menirukan ucapan salah satu tenaga medis yang menerima bantuan APD dari Pertiwi Indonesia.*

Artikel Terkait