Nasional

Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang Resmi Beroperasi

Oleh : luska - Senin, 06/04/2020 22:30 WIB

Pangkogabwilhan I resmikan RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang

Batam, INDONEWS.ID - Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau resmi beroperasi hari ini, Senin (6/4/2020). Pengeoperasian RS khusus infeksi ini diresmikan oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono pada pukul 15.10 WIB.

Walaupun RS Khusus Infeksi Covid-19 ini telah beroperasi, Pangkogabwilhan I tetap berharap tidak ada masyarakat yang menjadi pasien, Pangkogabwilhan berharap seluruh masyarakat Indonesia tetap sehat dan selalu menjaga stamina.

Pangkogabwilhan I menambahkan, Rumah Sakit Khsus Infeksi COVID-19 ini juga akan menerima pasien rujukan dari rumah sakit yang ada di Kota Batam. Tenaga medis berasal dari TNI, Polri, dan relawan yang ingin mengabdikan dirinya sebagai tenaga medis. 

Adapun total petugas medis, paramedis, dan relawan Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, sebanyak 244 orang.

Kedatangan Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono ke Pulau Galang, Kepri, disambut Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto bersama Plt Gubernur Kepri Isdianto, Forkopimda Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Arsyad Abdullah, dan Wali Kota Batam HM Rudi di VVIP Bandara Hang Nadim.

Sebelum melakukan peresmian Pangkogabwilhan I bersama Forkopimda Kepulaua Riau (Kepri) melakukan peninjauan kesiapan bangunan, peralatan medis, serta dokter dan tenaga medis yang ada di rumah sakit khusus tersebut.   

Disebutkan, pembangunan RS Darurat Pulau Galang dilakukan diatas lahan seluas 16 hektare (ha). Dengan rincian, pembangunan Zona A seluas 2,4 ha dan Zona B seluas 13,6 ha.

Sementara pembangunan untuk fasilitas dan sarana prasana kesehatan dibagi menjadi tiga zona. Dengan rincian, Zona A untuk mess pegawai, perawat dan dokter dengan jumlah 158 tempat tidur. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait