Nasional

Sah, Pemerintah Undur Cuti Bersama Idul Fitri 2020

Oleh : Ronald - Kamis, 09/04/2020 21:30 WIB

Cuti bersama Idul Fitri 2020. (Foto : Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mengatakan, pemerintah sudah memutuskan soal penggeseran cuti bersama Idul Fitri 2020. Keputusan itu diambil setelah pemerintah menggelar rapat siang tadi.

"Sudah (ada hasilnya)," kata Muhadjir di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Sementara itu, untuk tanggalnya juga sudah dipastikan. "28 sampai dengan 31 (Desember)," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mewacanakan untuk mengganti hari libur nasional Idul Fitri di hari lain menyusul terjadinya pandemi Covid-19 atau virus corona baru.

Dalam rapat terbatas bersama menterinya, Presiden Jokowi mengatakan penggantian atau pergeseran hari libur itu merupakan salah satu skenario pemerintah untuk mengantisipasi arus mudik nanti. Hal itu, kata dia, juga dilakukan untuk menenangkan masyarakat.

Selain itu, Jokowi menginginkan menterinya memberikan fasilitas arus mudik kepada masyarakat dan penggratisan tempat wisata di daerah pada pengganti hari libur nasional nantinya.

"Ini bisa dibicarakan," kata Jokowi, pada sebagaimana dilansir Rabu (2/4/2020).

Skenario lain untuk melakukan pembatasan pergerakan orang, Jokowi meminta adanya penerapan protokol kesehatan yang lebih tegas dan disiplin untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

"Dan kalau kita lihat dengan musim yang ada sekarang saya kira cuaca juga sangat mempengaruhi penyebaran Covid-19 ini," jelas dia. (rnl)

Artikel Terkait