Nasional

Di Balik Hilangnya 6 Tokoh Penting Ini, Kebohongan China soal Corona Terbongkar

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 21/04/2020 19:01 WIB

6 tokoh penting Cina hilang secara misterius (Foto the sun)

Jakarta, INDONEWS.ID - Berita kehilangan dari enam (6) tokoh penting China secara misterius pada  awal-awal kemunculan virus corona di Wuhan China ini mengungkap betapa pemerintah China sengaja menutup berbagai informasi terkait virus yang kini telah mewabah ke seluruh penjuru dunia.

Seperti diketahui, keganasan virus corona merupakan sebuah tragedi kemanusiaan dengan hilangnya puluhan ribu nyawa umat manusia. Lebih dari itu, keganasan COVID-19 ini juga rupanya memunculkan misteri menghilangya sejumlah tokoh penting ini.

Dilansir dari The Sun, setidaknya ada 6 sosok yang kini tak diketahui keberadaannya usai mencoba mengungkapkan kengerian sebenarnya dari virus corona. Saat ini, sebuah kekhawatiran muncul bagi siapa saja yang berani melancarkan kritik terhadap pemerintah Wuhan dan China.

Kabar miris justru mengemuka bahwa ada lebih dari 5.100 orang ditangkap karena berbagi informasi tentang virus mematikan itu pada minggu-minggu awal pertama wabah itu mengganas.

Bahkan, setiap “pembangkang” tersebut disebutkan akan langsung dibawa ke karantina medis dan dicap sebagai orang sakit untuk menghentikan mereka berbicara lebih jauh.

Sejumlah warga lain juga dilaporkan harus ditahan karena memposting pertanyaan secara online mengisyaratkan kondisi Wuhan dan China yang kekurangan masker, dengan risiko kematian bagi para warga yang mengkritisi hal itu lebih lanjut.

Kondisi itu pula yang harus dialami 6 tokoh “whistleblowers” yang awal berani bicara gamblang membeberkan situasi mencekam kota Wuhan dan jumlah korban selama pandemi itu berlangsung di China, diantaranya adalah;

dr Li Wenliang

Salah satu figur yang dinobatkan pahlawan medis itu yang mencoba memperingatkan dunia tentang virus corona justru harus meninggal dunia setelah tertular kuman itu sendiri.

Dokter Li Wenlaing, berusia 34 tahun, telah dikirimi surat “vonis” oleh polisi sebelum kematiannya. Adapun isi surat itu tak lain memperingatkan "jika dia menolak untuk bertobat, maka dia akan dihukum".

Tragisnya, ia meninggal dunia pada Februari setelah tertular virus corona melalui pasien yang ia rawat.

Ren Zhiqiang

Jutawan China, Ren Zhiqiang hilang pada bulan Maret setelah menyebut Presiden Xi Jinping sebagai "badut" dalam menangani wabah virus corona. Taipan real estate itu secara terbuka mengkritik tanggapan Partai Komunis terhadap epidemi online.

Mr Ren menyalahkan tindakan "badut" yang haus kekuasaan karena kegagalan mengelola wabah, dipahami secara luas merujuk pada Presiden Xi.

Dia juga mengkritik batas yang diberikan pada kebebasan berbicara, dan meminta partai untuk "bangun dari ketidaktahuan" untuk menggulingkan para pemimpinnya.

Chen Qiushi

Jurnalis citizen China, Chen Qiushi juga hilang pada bulan Februari setelah mengekspos tingkat keparahan virus corona di Wuhan.

Dia telah melaporkan adegan mengerikan dalam detail grafik, termasuk seorang wanita dengan panik memanggil keluarganya saat dia duduk di sebelah seorang kerabat yang sudah mati di kursi roda.

Keluarganya kemudian diberitahu bahwa dia berada di karantina medis di lokasi yang dirahasiakan.

Beberapa hari sebelum kepergiannya, Tuan Chen memberi tahu para followernya: "Selama saya masih hidup, saya akan berbicara tentang apa yang telah saya lihat dan apa yang telah saya dengar. Saya tidak takut mati. Mengapa saya harus takut pada Anda, Partai Komunis? "

Fang Bin

Hilangnya Fang Bin mirip dengan Chen Quishi. Dia mengunggah video pada 1 Februari yang memperlihatkan delapan mayat di luar rumah sakit di Wuhan kemudian polisi kemudian menyita laptopnya.

Beberapa hari kemudian, pada tanggal 4 Februari dia mengunggah sebuah video pria berjas pelindung yang mencoba memasuki rumahnya sebelum dia menghilang pada 8 Februari.

Li Zehua

Wartawan berusia 25 tahun itu sebelumnya bekerja untuk lembaga penyiaran negara bagian sebelum berhenti melapor dari Wuhan. Tetapi dia belum terlihat lagi sejak 26 Februari setelah mengunjungi Institut Virologi Wuhan.

Para pejabat intelijen AS dan Inggris mencurigai para ilmuwan yang ceroboh di Institut Virologi Wuhan secara tidak sengaja menyebarkan makhluk pembunuh itu selama tes virus corona berisiko pada kelelawar.

Seorang anggota Kongres AS bulan ini mendesak China untuk menyelidiki hilangnya Li Zehua bersama dengan Fang Bin dan Chen Qiushi.

Xu Zhangrun

Profesor hukum Xu Zhangrun dimasukkan ke dalam tahanan rumah di Beijing setelah menyuarakan kritik terhadap Presiden China.

Tulisannya memperingatkan: "Ini mungkin tulisan terakhir yang saya tulis". Profesor China itu dilarang beraktivitas di media sosial dan terputus dari internet.

Artikel Terkait