Nasional

Peduli Dampak Wabah Corona, Pertiwi Indonesia Bagi Sembako untuk Masyarakat

Oleh : Mancik - Sabtu, 25/04/2020 15:25 WIB

Gerakan Pertiwi Indonesia turun tangan membagikan sembako kepada masyarakat yang merasakan langsung dampak wabah virus corona yang melanda Indonesia saat ini.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tak mau berpangku tangan di tengah Pandemi Covid-19, setelah menyalurkan bantuan lebih dari 4000 alat pelindung diri bagi para pejuang di bidang kesehatan di sekitar 70 rumah sakit dan puskesmas di berbagai daerah di Indonesia, Pertiwi Indonesia menggelar program Gerakan Pertiwi Sembako Ramadan. atau disebut GeraTis Ramadhan .

Pertiwi Indonesia yang pada mulanya merupakan komunitas relawan perempuan untuk pemenangan pasangan Jokowi - Maruf Amin itu bakal membagikan 2.500 paket sembako di berbagai titik di Jakarta, Banten, hingga Jawa Barat.

Anggota Pertiwi Indonesi, Krisna Dewanti mengatakan, untuk wilayah Jakarta, pihaknya akan mendistribusikan ratusan paket sembako di daerah Cawang, Bukit Duri, Manggarai, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Dukuh hingga Pondok Labu.

"Bantuan itu diberikan pada mereka yang paling terdampak pandemi Covid-19, misalnya buruh harian, janda & lansia tanpa penghasilan tetap, mereka yang terkena phl serta warga tak mampu di permukiman kumuh," kata Krisna Dewanti dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu,(25/04/2020)

Penggagas Pertiwi Indonesia,Putri K Wisnuwardani mengatakan, pembagian sembako ini tidak hanya dilakukan oleh teman-teman anggota Pertiwi di Jakarta saja, Pertiwi Tangerang juga serentak mendistribusikan di Tangerang Selatan, Banten.

Hari Sabtu 25 April 2020 ini 500 paket sembako itu dibagi dari mulai Situ Gintung, Pamulang

Sementara itu, nggota Pertiwi lainnya, Suci Kuswardani menambahkan, 600 paket sembako juga di sebar di lima wilayah Bekasi. Sasarannya antara lain adalah para tukang sapu jalan.

Menurutnya, Covid-19 telah berdampak ke segala lapisan dan sektor. Banyak sektor ekonomi yang tidak bisa bergerak sebagai dampak dari kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Saat ini semua pihak harus turun tangan. Apalagi sekarang ini sudah masuk Bulan Suci Ramadan. Mari bergandengan tangan bergerak bersama memutus mata rantai Covid-19," ucapnya.

Senada dengan Suci, anggota Pertiwi Indonesia, Fara Marina menambahkan, di tengah pandemi seperti sekarang ini, pemerintah tidak akan mampu mengatasinya sendiri. Semua elemen harus bergerak bersama.

Menurut dia, cara paling efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan menerapkan physical distancing dan menggunakan masker yg akan kami bagikan juga dgn Paket Sembako bagi warga. Pemakaian Masker kain ini jg sesuai anjuran Pemerintah.

"Kita harus tetap di rumah agar penyebaran Covid-19 bisa diputus. Namun tidak semua saudara kita beruntung. Sebagian ada yang harus keluar rumah untuk mencari sesuap nasi. Oleh karena itu kami menyumbang sembako agar setidaknya mereka bisa menahan diri tetap di rumah untuk beberapa waktu," tutupnya.*

 

Artikel Terkait