Nasional

Jadi Irjen Kemenhum & HAM, Irjen Pol Andap Budhi Revianto Sandang Bintang 3

Oleh : budisanten - Sabtu, 02/05/2020 03:18 WIB

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Reviano diminta Presiden Jokowi sebagai Irjen Kemenhum & HAM

Batam, Indonews.id - Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Andap Budhi Revianto mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo mengisi jabatan baru sebagai Inspektur Jenderal Kemenhum dan HAM.

Dengan menduduki posisi tersebut, Irjen Andap Budhi secara otomatis naik menjadi bintang tiga alias Komisaris Jenderal Polisi.

Selama karirnya, Andap Budhi sudah 3 kali menduduki posisi kepala polisi daerah (Kapolda) di sejumlah daerah di Indonesia.

Beredar surat Pengangkatan dari dan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenkum Ham Republik Indonesia.

Dalam surat tersebut,  Irjen Pol Andap Budhi Revianto akan dilantik sebagai Inspektur Jenderal Kemenhum dan HAM.

Dijadwalkan, pelantikan Irjen Pol Andap Budhi Revianto akan dilantik Senin (4/5/2020) lusa.

Hal itu berdasarkan Kepres RI No 772/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenhum dan HAM.

Surat tersebut ditujukan kepada Kapolri untuk menindaklanjuti surat keputusan Presiden tersebut.

Pelantikan  rencananya dilaksanakan di Jakarta di graha Pengayoman gedung Sekretariat Jenderal Kemenkum HAM, Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan.

Surat ditandatangani  Kemenkumham oleh Sekretaris Jenderal Kemenkum HAM, Bambang Rantam Sariwanto.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto saat dikonfirmasi membenarkan surat tersebut. “Ya benar, itu jabatan bintang tiga,” ucapnya saat berbincang dengan awak media Kamis (30/4/2020) kemarin.

Irjen Pol Andap Budhi Revianto menjadi Kapolda Kepri menggantikan Irjen Pol Didid Widjanardi melalui Surat Telegram (STR) ST/2015/Vlll/KEP/2018 tertanggal 13 Agustus 2018. Proses sertijab ini dilakukan Senin (20/8/2019).

Jabatan Kapolda pun sudah 3 kali diamanahkan kepadanya.Tahun 2017 Irjen Pol Andap Budhi Revianto menjadi Kapolda Sulawesi Tenggara, lalu pada 2018 menjadi Kapolda Maluku, kemudian sebagai Kapolda Kepri. (bs)

Artikel Terkait