Nasional

Pertiwi Indonesia dan Relawan Anak Bangsa Bersama Berbagi Sembako serta Masker Kain

Oleh : Mancik - Jum'at, 08/05/2020 12:35 WIB

Pertiwi Indonesia dan relawan anak bangsa membagikan sembako dan masker kain kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pandemi Covid-19 menghantam kehidupan semua orang di dunia saat ini, tidak terkecuali di Indonesia dan berdampak pada seluruh lapisan masyarakat. Jakarta, Jumat,(8/05/2020)

Untuk meringankan beban mereka yang sangat terdampak dengan Covid 19 ini, Pertiwi Indonesia dan relawan anak bangsa yang didukung oleh puluhan perusahaan dan yayasan, bergotong royong melakukan pembagian ribuan paket sembako dan masker kain.

Pembagian sedikitnya 6.000 paket sembako dan masker kain menjadi wujud nyata dari gotong royong Pertiwi Indonesia dan Relawan Anak Bangsa yang peduli untuk membantu mereka yang terdampak oleh krisis Covid-19.

Sembako akan sangat berarti sebagai santunan bahan makanan pokok bagi mereka yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan karena tempat kerja mereka harus tutup atau melakukan efisiensi.

Sementara pemakaian masker kain saat ini sangat diperlukan sebagai alat pelindung diri masyarakat awam dan dalam upaya memutus mata rantai penularan wabah Covid 19.

“Kali ini kami bergandengan tagan dengan para pengusaha yang peduli untuk mengumpulkan ribuan paket sembako dan masker kain untuk didistribusikan melalui jejaring kami di berbagai daerah. Ini adalah wujud dari semangat Pertiwi Indonesia bergerak yang selalu kami dengungkan” jelas Putri K Wardani, pengagas perkumpulan relawan perempuan, Pertiwi Indonesia.

Kami akan menyalurkan sedikitnya 6.000 paket sembako dan masker kain yang akan dibagikan bertahap ke daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, dan beberapa daerah lain di Jawa Barat.

"Berkolaborasi dengan Relawan Anak Bangsa adalah sebuah sinergi positif yang semakin memperluas aksi nyata yang dapat kita lakukan dengan penyaluran yang tepat sasaran antara lain untuk mereka yang kehilangan nafkah seperti para pekerja yang di PHK, para pegawai toko, pegawai pariwisata, karyawan hotel, salon dan lain sebagainya" ujar Suci Wardani dari team bantuan covid 19 Pertiwi Indonesia.

Sejak awal masa darurat covid 19, Pertiwi Indonesia telah melakukan berbagai upaya dari penggalangan dan penyaluran bantuan alat perlindungan diri dan kebutuhan alat perawatan kesehatan lainnya untuk para tenaga medis di rumah sakit-rumah sakit dan puskesmas.

Kampanye dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga jarak, cuci tangan, tetap belajar bekerja dan beribadah di rumah, himbauan tidak mudik hingga pembagian vitamin dan sembako dengan cara distribusi yang diakukan dengan memperhatikan prinsip menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Jaringan Pertiwi Indonesia dan pengalamannya melakukan distribusi sembako dengan mekanisme menjaga jarak dan disiplin penggunaan masker dan membiasakan cuci tangan sangat membantu Relawan Anak Bangsa yang rencananya akan melakukan pembagian berjenjang juga ke daerah-daerah lainnya" demikian kata Vica Vayerawita, Ketua Relawan Anak Bangsa.

 

Artikel Terkait