Gaya Hidup

IDN AU Gelar Webinar bagi Diaspora dan Pelajar Indonesia di Australi

Oleh : Rikardo - Sabtu, 09/05/2020 10:45 WIB

Indonesian Diaspora Network Chapter Australia (IDN AU) menyelenggarakan Diskusi Nasional secara online untuk para diaspora yang menetap dan para pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Australia.

 Jakarta, INDONEWS.ID - Indonesian Diaspora Network Chapter Australia (IDN AU) menyelenggarakan Diskusi Nasional secara online untuk para diaspora yang menetap dan para pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Australia.

Webinar sesi ke-2 dari serangkaian Webinar yang telah dimulai sejak bulan April 2020 ini dijadwalkan akan diselenggaraka pada Sabtu 9 Mei 2020 tepat jam 11:00 WIB dengan menggunakan fromat online melalui platform Zoom dan YouTube.

Adapun diskusi ini tidak akan membahas tentang apa virus corona atau COVID-19 itu sendiri, dan bagaimana dampak-dampak negatifnya. Tetapi akan diarahkan untuk berdiskusi tentang hal-hal yang bisa memotivasi para diaspora dan pelajar Indonesia agar dapat saling membantu dan menguatkan satu sama lain.

Sebagaimana dimaklumi, wabah yang tidak menentu ini sangat berpengaruh pada para diaspora dan pelajar Indonesia secara psikologis dan finansial, baik sebagai pekerja maupun yang berwirausaha, begitu juga bagi para pelajar Indonesia dimana ditemukan hal-hal yang perlu menjadi perhatian kita semua.

Ide dan inisiatif Webinar ini datang dari Diza Alia (alumni South Australia University dan salah satu pemilik Hotel Gren Alia) yang sekaligus menjadi Event Coordinator Webinar dan didukung sepenuhnya oleh IDN Australia (Iwan Wibisono - Presiden IDN Australia) untuk melaksanakan Webinar berseri ini dengan mendatangkan pakar-pakar di bidang ekonomi, pangan, psikologi, dan lain-lain. Seluruh nara sumber akan membicarakan optimisme dari sisi yang berbeda.

Pada Webinar sesi 2 ini, akan sangat berbeda dengan sesi ke-1 dan sesi-sesi berikutnya karena di sini, yang disajikan bukan saja berdiskusi, tetapi juga sambil mengalang dana (bekerja sama dengan kitabisa.com) dan akan bersama-sama menyanyikan lagu "Ulurkan Tangan" dengan para nasumber yaitu Erros Djarot, Fryda Lucyana, Cinta Laura, Kristianto Legowo (Dubes RI untuk Indonesia), moderator Ola Najla (news anchor Metro TV), Konsulat dari seluruh negara bagian dan IDN seluruh Australia dengan 1 tujuan agar jangan menyerah, introspeksi diri, mempersiapkan fisik dan mental, serta pengetahuan untuk menyambut masa depan yang lebih cerah, sebagaimana dijelaskan Diza Alia.

IDN AU selalu memiliki ikatan emosional tertentu dengan para alumni yang pernah menjadi pelajar dan diaspora Indonesia di Australia. Oleh karena itu acara dilaksanakan bersama-sama organisasi chapter IDN di masing-masing negara bagian, antara lain: IDN NSW, IDN VIC, IDN SA, IDN NT, IDN QLD, IDN WA, dan caretaker di ACT dan TAS sehingga acara ini dapat terselenggara secara nasional di Australia. Juga terbuka untuk diaspora dan pelajar di belahan bumi lain seperti Itali, Washington, Vietnam, China, Bahrain, dan negara lainnya.

Semoga Webinar yang bersifat amal ini dapat meneruskan semangat optimisme dan kesadaran agar terus peduli dan berbagi untuk masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.
“Saya mengetuk hati semua dermawan agar mengulurkan tangan dan cintanya buat membantu semua saudara-saudara kita yang hari ini menderita dan hidup susah di masa pandemi virus Corona,” ujar Erros Djarot, pencipta lagu "Ulurkan Tangan".*

Loading...

Artikel Terkait