Nasional

Gedung Sarinah Resmi Ditutup Untuk Renovasi, Erick Thohir : Tak Akan Tinggalkan Nilai Sejarah

Oleh : Ronald - Minggu, 10/05/2020 14:03 WIB

Gedung McDonald`s Sarinah Thamrin, Jakarta (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - McDonald’s Sarinah Thamrin, restoran McDonald’s pertama yang berdiri di Indonesia resmi akan tutup mulai Minggu (10/5/2020) ini pukul 22.05 WIB. Tutupnya McDonald`s Sarinah ini dikarenakan ada strategi bisnis terhadap Gedung Sarinah, yang merupakan milik BUMN.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa pembaruan gedung Sarinah tidak akan meninggalkan nilai sejarah.

"Banyak hal yang harus dibenahi (oleh Sarinah). Pembaruan perlu dilakukan untuk dapat tetap bersaing, namun dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri," ujar Erick Thohir melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Pada intinya, lanjut dia, transformasi Sarinah adalah kembali ke khitahnya dengan tetap menjaga keutuhan warisan para pendiri bangsa namun dengan kemasan dan eksistensi kekinian dan yang menjanjikan pertumbuhan usaha berkelanjutan dimasa depan.

"Sarinah sebuah project yang diciptakan Pak Soekarno yang luar biasa. Sarinah hari ini harus ada Sarinah ke depan. Karena itu Pak Jokowi sendiri bersama saya mendiskusikan bagaimana supaya konsep ritel ini lebih friendly kepada Indonesia, artinya keberpihakan pada merek lokal dan hasil ukm yang dikuratorkan," katanya.

Disisi lain, menurut dia, gedung yang telah berusia lebih dari setengah abad ini memang sudah saatnya direnovasi untuk menjaga kekokohan struktur dengan mempertimbangkan Golden Rule terkait dengan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup.

Sedianya, jadwal renovasi rencananya akan dimulai bulan Juni 2020, namun karena belum redanya wabah Covid-19 maka pekerjaan renovasi dimulai dengan pekerjaan design, arsitektur, pemetaan, audit teknis dan lain-lain yang tidak menimbulkan kerumunan (crowd), yang kemudian baru dilanjutkan dengan konstruksi fisik.

 

Artikel Terkait