Nasional

Dilantik Jadi KASAU Baru, Profil Marsdya Fadjar Prasetyo Mengagumkan

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 20/05/2020 10:01 WIB

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Baru, Marsekal Madya TNI AU Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo melantik Marsdya Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P. sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/5/2020) pukul 09:00 WIB.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kasetpres Heru Budi Hartono. Fadjar Prasetyo dilantik menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang akan memasuki masa pensiun.

Profil Singkat

Sosok kelahiran Jakarta, 9 April 1966 ini  adalah putra dari Alm. Kombes Pol Pramudaryono, Dirlantas Mabes Polri era 1982 dan menantu dari Alm.  Dirut Pertamina AR Ramly.

Mengutip tni-au.mil.id, Fadjar Prasetyo pernah menjabat beberapa kedudukan di dunia militer. Sosok ini pernah menjabat Direktur Pendidikdan dan Latihan (Dirdiklat) Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara.

Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Halim Perdanakusuma di tahun 2016 lalu. Jabatan itu dilepasnya setelah dua tahun menjabat yakni pada 2018. Kala itu Fadjar Prasetyo menggantikan Marsma TNI Sri Mulyo Handoko, S.IP, M.AP.

Selain itu, Fadjar Prasetyo juga diketahui pernah menjabat sebagai Panglima Komando Operasi TNI AU I (Pangkoopsau I). Saat itu, Fadjar Prasetyo memberikan jabatan kepada Marsma TNI M. Khairil Lubis, pada 7 Oktober 2019.

Dalam menjabat sebagai Pangkoopsau I, banyak prestasi yang ditorehkannya dalam menjalankan berbagai tugas operasi di antaranya Lintas Rajawali,
tangkal rajawali, kawal rajawali, sayap rajawali, lintas udhaya, latihan jalak sakti.

Dalam menjalankan semua operasi tersebut, diketahui terlaksana dengan aman dan lancar. Selama mengemban amanah, Fadjar Prasetyo juga berpredikat zero accident.

Tak sampai di situ, Fadjar Prasetyo juga aktif membawa Koopsau I membantu pemerintah dalam berbagai bidang sosial serta kemanusiaan.
Sebut saja operasi TMC, menangani kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. Hingga penanggulangan bencana seperti gempa bumi di Palu, dan evakuasi korban unjuk rasa di Wamena, Papua.

Selain itu, Fadjar Prasetyo juga ikut menyukseskan program Pembinaan Potensi Dirgantara atau Binpotdirga. Kala itu, ia mengadakan program karya bakti. Baik dalam bentuk bedah rumah, renovasi tempat ibadah, operasi mata katarak, dan pengobatan gratis lainnya.

Dalam program itu, ia juga memberikan paket sembako pada sejumlah masyarakat yang membutuhkan. Fadjar Prasetyo menjabat sebagai Pangkoopsau I sejak tahun 2018 hingga 2019. Kemudian ia menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II).

Pada hari ini, Rabu (20/5/2020), Fadjar Prasetyo dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang akan memasuki masa pensiun.

 

 

 

Artikel Terkait