Bisnis

Satgas Lawan Covid-19 Nilai Bandara Soetta Siap Jalankan New Normal

Oleh : Ronald Tanoso - Sabtu, 23/05/2020 21:55 WIB

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banter dinilai semakin baik. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banter dinilai semakin baik. Menurutnya, bandara Soetta dinilai siap menjalankan new normal.
 
"Kalau menurut saya dengan protap yang ada, saya pikir Bandara Soetta sudah siap (menjalankan new normal)," kata Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad di Terminal 3 Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Sabtu, 23 Mei 2020.
 
Dihadapan awak media, Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan itu meminta pihak bandara memperhitungkan potensi peningkatan jumlah penumpang di masa mendatang. Sehingga kebutuhan pelayanan bisa dipersiapkan dengan baik.

"Sehingga bisa dikalkulasi jumlah petugas atau jumlah check point yang dipersiapkan. Baik untuk kesehatan maupun administrasinya," ujar dia.
 
Dasco yang juga merupakan  politisi Fraksi Partai Gerindra bersama anggota Satgas Lawan Covid-19 meninjau pelayanan di Terminal 2 dan 3 Bandara Soetta. Hasil pemantauan memperlihatkan penerapan protokol kesehatan dan pemeriksaan dokumen sudah berjalan dengan baik.

Dari data yang berhasil dihimpun dilapangan, dimana calon penumpang diatur berdiri, duduk dan diatur untuk mengikuti prosedur tes kesehatan. Apabila terindikasi terpapar Covid-19, maka kemudian penumpang tersebut akan segera dikarantina.
  
Selain itu, petugas pemeriksaan juga menggunakan masker. Bahkan, petugas kesehatan di pintu kedatangan Terminal 3 Bandara Soetta menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.
 
Penumpukan penumpang sempat terjadi di Bandara Soetta pada 14 Mei 2020 atau setelah pemerintah memperbolehkan pesawat komersil kembali beroperasi.

Bahkan, sejumlah foto beredar di media sosial memperlihatkan penumpang tidak memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti jaga jarak dan memakai makser. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait