Nasional

Sosok Iman Brotoseno, Direktur Utama Baru TVRI Gantikan Helmy Yahya

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 28/05/2020 09:30 WIB

Direktur Utama Baru TVRI Iman Brotoseno (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dewan Pengawas TVRI resmi melantik Iman Brotoseno menjadi Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Pengganti Antar Waktu (PAW) menggantikan Helmy Yahya, Rabu, 27 Mei.

Ia dilantik setelah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan oleh Dewas TVRI bersama dua calon lainnya, yaitu Daniel Wellim Alexander Pattipawae dan Farid Subkhan.

Pelantikan Imam setelah lolos 6 tahapan seleksi. Helmy sendiri resmi dicopot dari jabatan Dirut pada 16 Januari 2020 lalu, setelah melalui konflik dengan Dewas TVRI sejak akhir 2019.

Sosok Imam Brotoseno

Iman adalah seorang sutradara film, ia merupakan sosok di balik suksesnya film 3 Srikandi. Tak hanya itu, Iman juga merupakan sutradara iklan, dokumenter, dan video klip musik. Melalui blog pribadinya, Iman menuliskan karya-karyanya itu bisa disaksikan melalui Youtube dan Vimeo.

Iman merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan film production di London, United Kingdom (UK).

Iman pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia. Pada tahun 2007, ia pernah menjabat sebagai Chairman Pesta Blogger, dan Presiden dari ASEAN Blogger Community.

Di sela-sela kesibukannya, Iman menggeluti cabang olah raga menyelam ke pelosok-pelosok Indonesia. Ia juga merupakan instruktur selam dari Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mulai pukul 11.00 WIB.

"Beliau langsung menjabat setelah pelantikan. Hari ini pelantikan khusus dirut, di gedung TVRI lantai 3. Yang melantik dewas," kata Arief Rabu (27/5/2020). (Rikard Djegadut)

Artikel Terkait