Sosok

Berpulang setelah 4 Dekade Berukuasa, Inilah Sosok Pangeran Saud Abdullah

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 06/06/2020 16:01 WIB

Pangeran Saud bin Abdullah bin Faisal bin Abdulaziz Al Saud

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabar duka  datang dari keluarga Kerajaan Arab Saudi! Pangeran Saud bin Abdullah bin Faisal bin Abdulaziz Al meninggal dunia pada Kamis malam 4 Juni 2020 waktu setempat.

Kabar tersebut telah dikonfirmasi langsung pihak Pengadilan serta keluarga Kerajaan Arab Saudi. Salah satunya adalah keponakan Pangeran Saud, Mohammed al-Abdullah al-Faisal, yang mengakui kematian diplomat veteran itu. 

“Semoga Tuhan menerimanya di surga,” tulis Mohammad di Twitter. 

Berita kematian diperkuat oleh seorang kerabat, Nawaf al-Faisal yang mengumumkan kematian Saud di Facebook. Sementara seorang juru bicara kementerian luar negeri mengkonfirmasi kematian di Twitter dan menyatakan belasungkawa. 

"Aku berharap bisa menyangkal rumor tentang kematianmu," kata juru bicara Osama Nugali.

Sosok yang Berkuasa selama 4 Dekade

Mengutip StraitTimes, pangeran Saud, yang lahir pada tahun 1940, adalah salah satu anggota tertinggi elit penguasa kerajaan sebelum mengundurkan diri pada bulan April karena alasan kesehatan.

Saud bertugas di bawah empat raja. Ia mengambil sumpah jabatan terakhir pada Maret, setelah Raja Salman naik tahta menyusul kematian Januari Raja Abdullah, ketika Saud berada di Amerika Serikat untuk operasi kembali. 

Dia pertama kali disebut menteri luar negeri pada Oktober 1975, tujuh bulan setelah ayahnya, Raja Faisal, dibunuh oleh seorang keponakan. 

Dia terlibat erat dalam upaya untuk mengakhiri perang saudara 1975-1990 di Lebanon dan memimpin kebijakan luar negeri kerajaan selama perang Irak-Iran 1980-1988, invasi Irak 1990 ke Kuwait dan Perang Teluk 1991 di mana pasukan pimpinan AS menggunakan Saudi Arabia sebagai launchpad. 

Tetapi hubungan dengan sekutu lama Riyadh, Washington terkadang tegang, seperti setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, di mana 15 dari 19 pembajak pesawat adalah Saudi. 

Ketegangan mereda setelah Riyadh mulai melancarkan perangnya sendiri terhadap tersangka militan Al-Qaeda yang meluncurkan serangkaian pemboman dan penembakan di kerajaan itu pada tahun 2003. 

Sementara Saud sering mengunjungi Washington atau menerima pejabat AS di Arab Saudi, ia diyakini lebih dekat dengan diplomat Eropa. 

Pangeran sering bertukar thobe tradisional Saudi dan hiasan kepala kotak-kotak shemagh untuk pakaian elegan ketika dalam misi di ibukota Barat. 

Lahir di resor pegunungan Taif di barat daya, Saud lulus dengan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Princeton di New Jersey pada tahun 1964. 

Dia datang ke kementerian luar negeri setelah bertugas di perusahaan produk minyak negara Petromin dan kementerian sumber daya minyak dan mineral. Pangeran menikah dengan tiga putra dan tiga putri.

Kepergian Pengembangan Saud terjadi ketika Arab Saudi memimpin koalisi negara-negara Arab yang membom pemberontak yang didukung Iran di Yaman dan mengambil bagian dalam kampanye yang dipimpin AS melawan kelompok Negara Islam di Suriah dan Irak.

Dalam pidato publik terakhirnya di ibukota Saudi, Pangeran Saud pada bulan April mengatakan kerajaan Sunni "tidak berperang dengan Teheran" tetapi menyerukan saingan regional Syiahnya Iran untuk berhenti mempersenjatai pemberontak di Yaman.

Iran membantah memberikan senjata kepada pemberontak Huthi.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait