Nasional

Satu Personil Tertembak! Satgas Tinombala Terlibat Baku Tembak dengan MIT di Poso

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 08/06/2020 19:30 WIB

Pasukan Brimod di Poso (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kontak senjata antara Satuan Tugas Tinombala dengan terduga kelompok sipil bersenjata jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Kembali Terjadi di pengunungan Poso, Kabupaten Poso.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Irjen Syafril Nursal kepada wartawan melalui sabungan telpon selelurnya di Palu, dikutip Antara, Senin (8/6).

"Kemarin, Minggu (7/6) sore terjadi kontak tembak, di mana anggota tim Satgas Operasi Tinombala yang keberadaannya itu ditembak sama kelompok MIT," kata Syafril.

Syafril mengatakan baku tembak tersebut tersebut menyebabkan satu orang personel anggota Satgas Tinombala dan satu orang terduga jaringan MIT Poso mengalami luka tembak.

"Salah satu personel kita kena tembak di dada sebelah kanan atas yang sekarang dalam perawatan," katanya.

Syafril menjelaskan kontak tembak terjadi sekitar pukul 17.15 Wita, di wilayah pergunungan Poso, tepat di lokasi bak air PDAM Desa Kawende, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan kontak tembak terjadi pada saat anggota Tim Satgas melakukan patroli dari arah pegunungan berjarak sekitar KL100 meter, tepatnya di lokasi pipa air PDAM Desa Kawende. Ketika itu Tim Satgas melihat ada dua orang di sebelah kiri ketinggian.

Berdasar hasil pengamatan, Syafril, mereka merupakan terduga DPO inisial KH alias I alias A. Pada saat kejadian mereka menggunakan pakaian loreng.

"Diperkirakan satu DPO Poso terkena tembakan, namun karena cuaca hujan dan gelap anggota Satgas menunda melakukan penyisiran," katanya.

"Kasus di Poso dalam pendalaman kita, yang jelas kelompok MIT ini DPO kita. Kita juga sedang terus melakukan penyisiran," ujarnya.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait