Daerah

Kronologi Pesawat TNI AU Jatuh di Pemukiman Warga, Kampar Riau

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 15/06/2020 12:30 WIB

Detik-detik pesawat tempur TNI jatuh di Kampar Riau

Jakarta, INDONEWS.ID - Pesawat tempur milik TNI AU jenis BAE Hwak 109 dengan nomor registrasi TT-02029 jatuh di Kampar, Riau, Senin (15/6/2020).  

Peristiwa tersebut terjadi pagi ini sekitar pukul 08.15 WIB.

Pesawat jatuh tidak jauh dari runway 36 Lapangan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru. Lokasi jatuh lebih tepatnya di pemukiman warga di Perum Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

Seperti dilansir dari tayangan Kompas TV, warga yang menyaksikan detik-detik pesawat jatuh, menceritakan kronologi jatuhnya pesawat tersebut.  

Warga tersebut mengatakan pesawat tempur TNI AU itu jatuh 500 meter dari rumahnya.  

Pesawat tersebut lantas menimpa rumah warga bernama Markun. Beruntungnya, saat itu rumah sedang sepi dan tidak ada penghuni. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Saat ini, dikatakan oleh warga, lokasi kejadian tengah diblokade oleh personel TNI AU.  

Saksi lain yang berjarak hanya 30 meter dari lokasi kejadian mengatakan biasanya rumah Markun dalam keadaan kosong karena pemiliki jarang berada di rumah.  

Saksi warga juga mengaku mendengar suara ledakan keras.  Terlihat juga pria yang berbaju pilot melayang di udara dengan parasut.  
Diketahui, pilot bernama Lettu Pnb Apriyanto Ismail dikabarkan selamat berkat ejection seat atau kursi lontar. Kini sang pilot di rawat di RSAU dr Sukirman Lanud Rsn, Pekanbaru.*

Artikel Terkait