Nasional

Keren! Singgung Yesus hingga Gandhi, Ini Isi Lengkap Undangan Debat RR vs LBP

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 16/06/2020 20:01 WIB

Tantangan Menko Marves Luhut Bisar Panjaitan Disanggupi Mantan Menko Maritim Rizal Ramli (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Aktivist Pro Demokrasi (ProDem) resmi melayangkan surat kesanggupan ekonom senior Rizal Ramli untuk meladeni tantangan debat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Promoter Debat sekaligus aktivis ProDEM, Adamsyah Wahab atau Don Adam melalui akun Twitter pribadinya mengatakan surat tersebut sudah sampai di meja Menko Marves pada pada Senin (15/6).

Surat permohonan untuk kesediaan Bapak Luhut Binsar Pandjaitan berdebat dengan Bang Rizal Ramli sudah kami sampaikan ke Kantor Menko Maritim dan Investasi pada jam 15.30 WIB," kata Don Adam dalam akunnya @DonAdam seperti dilihat INDONEWS.ID pada Selasa (16/6/2020).

Dengan diserahkannya surat tersebut, pihaknya akan menunggu respons balasan dari Luhut untuk beradu argumen mengenai persoalan utang negara yang sempat dipersoalkan.

"Kita tunggu saja jawaban dari beliau dalam 1 atau 2 hari ini," sambungnya.

Adapun jika disanggupi oleh LBP, acara debat akan dilangsungkan di Gedung Dewan Pers, Jln. Kebon Sirih No. 32-34, pada Rabu, 24 Juni 2020, Pukul : 14.00-17.00.

Menariknya, isi surat tersebut, mengajak mengajak LBP untuk sejenak napak tilas pada perjuangan Mr. Tolson di tahun 1930an dalam Film "Great Debaters" saat efek Great Depression masih melanda Amerika.

Juga karir Nabi Isa atau Yesus yang  dalam mewartakan kerajaan surga dengan berdebat secara terbuka dengan para ahli hukum taurat. Selain itu, surat itu juga mengajak LBP untuk melihat perjuangan Gandhi dalam memperebutkan India dari jajahan Inggris.

Penasaran seperti apa isinya, berikut adalah Isi lengkap surat undangan debat RR vs LBP yang dibuat Aktivist ProDem.

Kepada Yth:

Bapak Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Maritim dan Investasi atau yang familiar
disebut dengan LBP

Perihal: Undangan debat versus Rizal Ramli

Sebelumnya kami mengundang bapak untuk sejenak napak tilas pada perjuangan Mr. Tolson di tahun 1930an dalam Film "Great Debaters" saat efek Great Depression masih melanda Amerika. Dengan 4 anak didiknya, Mr Tolson mengguncang Amerika walau dalam perjalanannya dia dikriminalisasi karena dituduh komunis mengorganisir buruh dan petani. Seperti Yesus dengan 12 muridnya yang mewartakan  kabar kebenaran (injil) tentang pembebasan dosa, maka bisa dikatakan Mr. Tolson dengan 4 anak didiknya mewartakan 'injil pembebasan' kaum negro dari penjara rasialisme.

Ada benang merah antara apa yang dilakukan Yesus dan Tolson agar "injil pembebasan" bisa menjangkau hati dan pikiran masyarakat yakni dengan berdebat secara terbuka. Tertulis dalam Alkitab bahwa Yesus memulai "karir" perdebatannya sejak remaja, saat itu beliau "dikeroyok" oleh ahli-ahli Taurat di Bait Allah. Paling fenomenal Yesus 'dikeroyok' massa untuk memberikan argumen saat seorang wanita tertangkap basah sedang berzinah dan hendak dirajam sesuai hukum Taurat. Sang wanita selamat dari ancaman kematian mengerikan setelah Yesus memenangkan debat secara terbuka. Kembali ke Mr. Tolson, beliau membentuk sebuah grup debat Willey College (beranggotakan 3 pria dan 1 wanita) yang menjuarai banyak ajang debat hingga di ujung alur berhadapan dengan grup debat dari Harvard yang dianggap sebagai simbol intelektualitas tertinggi di mana mereka menyodorkan argumen 'Satyagraha' yang membawa mereka pada kemenangan.

Satyagraha atau 'Jalan Kebenaran', salah 1 ajaran mashyur Gandhi adalah tema penutup pada film
tersebut sekaligus menjadi dalil pembuka dalam surat undangan ini. Tantangan bapak LBP kepada
siapapun untuk berdebat tentang hutang negara kami terima atas nama 'Jalan Kebenaran', sesuatu yang diperjuangkan Yesus, Gandhi, serta Tolson. Tidak mungkin ada 2 'Jalan Kebenaran', maka rakyat bisa melihat langsung apakah Satyagraha pak LBP atau kami diwakili Rizal Ramli yang merupakan "Satyagraha" sesungguhnya.

Adapun acara debat akan dilangsungkan pada :

Waktu : Rabu, 24 Juni 2020,
Pukul : 14.00-17.00
Tempat : Gedung Dewan Pers, Jln Kebon Sirih no 32-34

Salam hormat kami,


Ilham Hasibuan
Head of Communication & Content
*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait