Bisnis

Keponakan Luhut Calon Komisaris Bursa Efek Indonesia

Oleh : very - Senin, 22/06/2020 09:58 WIB

Aktivitas di bursa saham. (Foto: CNBC Indonesia)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Bursa Efek Indonesia (BEI) akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada akhir bulan ini. Salah satu agenda RUPS yaitu membahas penetapan dewan komisaris periode 2020-2023.

Berdasarkan dokumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti dikutip dari CNBC Indonesia, ada tiga nama baru yang dicalonkan menjadi komisaris dan akan diangkat dalam RUPST tersebut. Tiga nama baru itu akan mengisi jabatan yang akan menggantikan perwakilan perusahaan sekuritas dan emiten.

Ketiga nama baru tersebut yaitu Heru Handayanto, Karman Pamurahardjo dan Pandu Patria Sjahrir.

Ada lima nama yang pilih dari paket-paket yang diajukan oleh pemegang saham bursa yang disampaikan oleh PT Mandiri Sekuritas selaku koordinator Anggota Bursa (AB) pendukung kelompok A, PT Bosowa Sekuritas selaku koordinator AB pendukung kelompok B dan KGI Sekuritas selaku koordinator AB pendukung kelompok C.

Adapun kelima nama ini disebutkan telah memenuhi ketentuan Pasal 40 ayat (1) Peraturan OJK Nomor: 58/POJK.04/2016 tentang direksi dan dewan komisaris bursa efek dan hasil penilaian kemampuan dan kepatutan yang dilakukan oleh komite penilaian dan kepatutan calon anggota dewan komisaris BEI masa jabatan 2020-2023.

Seperti dikonfirmasi oleh CBBC Indonesia kepada Komisaris Utama BEI, John A. Prasetio, dia membenarkan dokumen tersebut. John tetap dipilih menjadi Komisaris Utama BEI.

John telah menduduki posisi ini sejak Juni 2017. Selain di BEI dia juga menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Global Mediacom Tbk (BMTR) dan Senior Advisor Crowe Indonesia.

Selanjutnya, Mohammad Noor Rachman Soejoeti juga masih mengisi posisi sebagai komisaris BEI yang diangkat melalui RUPSLB pada 28 Oktober 2018.

Sedangkan Heru Handayanto merupakan direktur di PT Mandiri Sekuritas sejak 3 Januari 2017. Memiliki pengalaman hampir 20 tahun di pasar modal dan malang melintang di perusahaan sekuritas sepeti PT Danareksa, PT CIMB Securities Indonesia dan PT MNC Securities.

Kemudian ada Karman Pramuhardjo. Saat ini dia merupakan presiden direktur di PT Profindo Sekuritas Indonesia. Sebelumnya pernah menjabat sebagai CFO & Operation Director at PT Trimegah Securities Tbk (TRIM).

Terakhir adalah Pandu Patria Sjahrir yang merupakan direktur di PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA). Pandu merupakan anak dari Ekonom Sjahrir sekaligus keponakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Berikut calon komisaris yang dicalonkan tersebut:

Komisaris Utama : John A. Prasetio

Komisaris : Mohammad Noor Rachman Soejoeti

Komisaris : Heru Handayanto

Komisaris : Karman Pamurahardjo

Komisaris : Pandu Patria Sjahrir. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait