Bisnis

Webinar GMKI: Koperasi Desa, Solusi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Oleh : very - Senin, 13/07/2020 21:01 WIB

Webinar GMKI. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Pandemi Covid-19 yang telah mengguncang dunia membuat perekonomian setiap negara merosot tajam. Tak terkecuali Indonesia, yang diperkirakan perekonomiannya bisa melorot hingga ke minus 5 persen.

Para pegiat usaha ketakutan gagal bayar karena daya beli masyarakat sangat rendah, pendapatan berkurang dan usaha tidak bisa berjalan dengan normal. Situasi ini terjadi di semua lini sektor usaha. Semua lini kehidupan masyarakat, baik yang tinggal di daerah perkotaan hingga ke pedesaan ikut terimbas.

Dalam momentum peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke-73 tepat pada 12 Juli 2020 yang juga dalam situasi pandemi Covid-19, kita diingatkan kembali dengan semangat membangun kekuatan ekonomi kerakyatan melalui semangat membangun usaha secara bersama atau gotong royong berdasarkan asas kekeluargaan yang kita kenal dengan Koperasi.

Koperasi bertujuan untuk mencapai kesejahteraan secara bersama berdasarkan sistem kegotongroyongan. Dalam sistem perekonomian Indonesia, sebenarnya Koperasi adalah sebuah sistem yang seharusnya diterapkan dalam perekonomian Nasional seperti diamanatkan UUD NRI 1945. Bukan ekonomi liberal atau kapitalistik seperti saat ini.

Saat-saat sulit seperti ini karena diterpa pandemi Covid-19, Indonesia yang sudah sejak dahulu memahami dan menjalankan sistem perekonomian berbasis koperasi seharusnya bisa lebih kuat dan lebih tahan dari terpaan masalah perekonomian global dibandingkan dengan negara-negara lain. Walaupun sangat kita sesalkan, perekonomian kita saat ini sudah jauh dari semangat perkoperasian yang dahulu dicita-citakan para pejuang bangsa.

Pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 tahun 2020 ini, kita diharapkan bisa kembali merefleksikan semangat koperasi, semangat perekonomian gotong-royong dan semangat maju bersama sebagai wujud nasionalisme dan kecintaan kita terhadap Negara dan untuk memulihkan perekonomian nasional Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Untuk itu, dalam rangka peringatak Hari Koperasi itu, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menggelar webinar dengan tema, “Koperasi Desa; Solusi Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi Covid-19”, yang ini akan dilaksanakan pada Selasa, 12 Juli 2020, pukul 17.00 – 19.30. Lokasi kegiatan bertempat di kediaman masing-masing narasumber dan peserta dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Webinar ini menghadirkan narasumber antara lain yaitu Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Budiman Sudjatmiko, M.Sc., M.Phil, Founder Inovator 4.0 Indonesia, Pdt. Yusuf Tarigan, S.Si., MA, Direktur Parpem GBKP, Benardo Sinambela, Kabid Medkominfo PP GMKI, Founder Pemuda Desa Mandiri (PUSARI) Indonesia, dan Ricky M. Sinaga, S.Pd, Sekretaris GMKI Lubukpakam sebagai Moderator. Sementara itu, webinar ini akan dihadiri oleh para Pengurus, Anggota, Senior Member/Friends GMKI se-Tanah Air sebagai peserta/partisipan, Kelompok Cipayung tingkat nasional dan daerah, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia.

Adapun beberapa isu yang dibahas dalam webinar ini yakni, sejarah, tujuan, prinsip serta semangat pendirian Koperasi di Indonesia; Program Kementerian Koperasi dan UKM selamat lima tahun kedepan; Bagaimana mengembangkan dan memodernisasi Koperasi yang sudah dijalankan oleh masyarakat di desa, juga koperasi keumatan; Peluang ber-Koperasi bagi pemuda dan mahasiswa dimasa depan; Membangun kekuatan ekonomi bangsa dengan Koperasi modern berbasis teknologi; Solusi-solusi yang dapat diberikan dalam rangka menjawab tantangan, kendala dan masalah-masalah praktek usaha perkoperasian; Strategi pengembangan koperasi desa, koperasi keumatan, koperasi mahasiswa dan jenis usaha koperasi lainnya; dan Sinergitas Koperasi Usaha Desa dan BUMDes dalam rangka memajukan desa, menyokong kekuatan ekonomi nasional.

Hasil dari diskusi ini akan ditayangkan melalui media online Indonews.id. Semoga kita semua bersatu, Ut Omnes Unum Sint. (*)

 

Loading...

Artikel Terkait