Gaya Hidup

50 Album Musik Indonesia Terbaik Terangkum dalam Sebuah Buku

Oleh : luska - Minggu, 02/08/2020 07:05 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Setelah hampir dua tahun, melewati proses penjurian, penulisan, riset arsip, riset rilisan fisik, pemotretan dan penyuntingan, akhirnya Elevation Books secara resmi mengedarkan buku This Album Could Be Your Life: 50 Album Musik Indonesia Terbaik 1955-2015.

Buku ini bisa dikatakan yang pertama melakukan penilaian secara komprehensif terhadap album-album musik yang pernah dirilis selama 70 tahun sejarah industri musik populer di Indonesia, dari era label pribumi pertama Irama sampai Aksara. 

Lima puluh album yang masuk merupakan hasil dari focus group discussion dari tim dewan juri yang terdiri dari Budi Warsito, pustakawan musik Kineruku Bandung, Harlan Boer, seniman musik indie dan penulis musik, Idhar Resmadi, dosen dan penulis musik dari Bandung, Taufiq Rahman, penulis musik dan pendiri indie label  Elevation Records, Wahyu Nugroho, vokalis dan gitaris Bangkutaman, serta penulis musik dan penggiat skena metal dari Malang, Samack.

Dari album-album yang dipilih, akhirnya mengemuka 50 dari nama-nama yang sudah sangat akrab seperti Koes Plus, Dewa 19, Sore, Chrisye maupun Fariz R.M. Ada juga nama-nama raksasa lain seperti God Bless dan AKA. 

Selain itu, tim penulis juga menghadirkan seniman-seniman indie dan musisi-musisi yang kini hampir terlupakan seperti Gombloh, Igor Tamerlan dan Semakbelukar dalam daftar album yang dibahas di buku ini. Ada semacam affirmative action untuk memberikan tempat yang lebih proporsional bagi band-band dan musisi-musisi independen dan underdog yang meramu album-album bermutu dan menanamkan pengaruh yang dalam.

Dalam siaran pers-nya, Elevation Books menyatakan bahwa tidak ingin buku ini hanya menjadi sekadar sebuah proyek pengarsipan. Tim penulis pun menampilkan ulasan kritis-historis yang bisa memberikan konteks yang tepat bagi album-album penting tersebut. 

Sebagai pelengkap untuk sebuah proyek pengarsipan dan arkeologi musik pada umumnya, buku ini juga menghadirkan semua artefak asli dari album-album tersebut. Format pertama kali ketika album-album itu dirilis, dikumpulkan dan mendapat perlakuan yang sangat teliti oleh fotografer Jez O'Hare dan desainer grafis Andra Galih. Dengan demikian, buku ini menjadi semakin layak untuk menjadi pegangan bagi penelitian awal musik populer Indonesia.

Sementara itu, sutradara film Riri Riza (yang juga adalah seorang musisi rock pada usia muda) hadir menulis prakata untuk set the scene bagi perjalanan musik populer Indonesia yang terangkum di buku ini.

This Album Could Be Your Life: 50 Album Musik Indonesia Terbaik 1955-2015 hadir dalam 328 halaman, berisi 50 esai dan 100 foto.
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi [email protected] (Harlan Boer)

Loading...

Artikel Terkait