Nasional

Buku Wajib Dibaca! Cara Mudah Dapatkan Beasiswa S2 atau S3 ke Berbagai Negara

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 03/08/2020 16:30 WIB

Buku karya alumni IPDN berjudul Jejak Laskar Manglayang di Empat Benua

Jakarta, INDONEWS ID - Buku berjudul "Jejak Laskar Manglayang di Empat Benua" resmi diluncurkan oleh penerbit Gemala dan sudah mulai beredar di pasaran di berbagai toko buku di seluruh Indonesia sejak beberapa minggu terakhir.

Buku yang ditulis oleh para alumni IPDN, sebuah sekolah pemerintahan yang terletak di lembah Gunung Manglayang. Jatinangor, Sumedang Jawa Barat ini memuat kisah para peraih beasiswa yang  dapat menjadi pedoman bagi para pelajar untuk mendapatkan Beasiswa ke berbagai negara. 

Buku ini mengisahkan tidak hanya cerita motivasi, namun juga berisi informasi yang cukup lengkap tentang sumber-sumber beasiswa di seluruh negara bagi para Aparatur Sipil Negara, Dosen maupun aktivis. 

Buku dengan sub-judul `pedoman meraih beasiswa kuliah ke luar negeri dan cerita para purna praja kuliah di luar negeri ini memuat pedoman praktis bagaimana meraih beasiswa tersebut berdasarkan pengalaman teman-teman yang telah berhasil mendapatkan beasiswa ke berbagai kampus ternama di negara tujuan.

Jika dijelaskan secara singkat, buku ini adalah racikan resep yang lengkap jika ingin kuliah ke luar negeri. Selain itu, dalam buku ini juga dihimpun berbagai kisah para alumni STPDN/IPDN yang menerima kesempatan kuliah di luar negeri. 

Kisah kisah itu di antaranya Menggapai Takdir yang Baik! by Kuswanto; Pekik Bhinneka Nara Eka Bhakti sampai The Australian National Umversity (ANU) by Arif Dharmawan; Belajar Budaya UK by Arwanto’; "Mengapa Lanjut Doktor by Adji Saksono; Kupanjati pager IKOPIN demi Kursus Bahasa Inggris by Sudarmono; Tiga Benua. Dua Tahun, Satu Impian by Wike Anggraini; Belajar di negara K-Pop by Windha Eka Mariani; Motivasi dan Dorongan para Senior by Endar Purnawan; ‘Mimpi, Mau dan Mampu by Fathir Fajar Sidiq; ‘Dari Toilet Hlngga Buka Puasa by M Kumiawan’; Laskar Manglayang Menaklukkan Dunia by Teguh llham; 

Ada juga Aku dan Kotak Pandoraku by Sally Salsabia; ‘Kisah Maria di Belanda by Maria; ‘Niat Menggali  Ilmu di Negeri Ratu Elizabeth menjadi Nyata by Mesy Faridah Hendiyani; "Kuliah di Australia sambi! Belajar NiIai-Nilai Kehidupan by Yesi Pane; "Ceritaku di Australia dan Belanda by Zulkarwin; ‘Dedikasi buat Mama by Elyas Y. Esamau;

Selain itu, ada pula tulisan berjudul ‘Tujuan Pendidikan adalah Mempertaiam Kecerdasan. Memperkuat Kemauan serta Memperhalus Perasaan by Ayn Prissa Kartika; “Belajar Remote Sensing dan Jadi Satpam di Jepang by M. Kali Hamzah Siregar; ‘Wuhan is My Second Home by Rio Setiawan; ‘Pentingnya mempersiapkan Kemampuan Menulis by Aden Rohmad Boidhowah; Kuliah di Luar Negeri, Antara Ekspektasi dan Realita by Hasna Azmi Fadillah.

Pemred Indonews.id selaku dosen senior IPDN Asri Hadi mengatakan melihat pentingnya buku ini terutama bagi para pelajar yang ingin mendapatkan jawaban pasti terkait pedoman dan bagaimana cara memperoleh beasiswa gratis ke luar negeri, maka membaca buku ini hukumnya wajib. 

Selain karena ditulis langsung oleh para alumni IPDN yang pernah mendapatkan beasiswa serupa, Asri menambahkan, juga memuat informasi penting soal cara mendapatkan beasiswa yang mudah, apa saja negara tujuan dan masih banyak lagi informasi penting lainnya.

" Selain itu, juga memuat kisah-kisah motivasi, bagaimana hebatnya perjuangan para penulis hingga akhirnya mendapatkan beasiswa dan berhasil menyelesaikan pendidikannya do negara tujuan. Ada juga kisah menarik dari NTT, keluarga petani yang hanya tamat SD bisa mengirimkan anak mereka menyelesaikan S2 dan S3nya di Amerika. Luar Biasa!"*(Rikard Djegadut)

Loading...

Artikel Terkait