Daerah

Gunung Sinabung di Sumatera Utara Erupsi

Oleh : Ronald - Sabtu, 08/08/2020 13:15 WIB

Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatra Utara saat ini dalam status Siaga III. (Foto: istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) mengalami erupsi pada Sabtu (8/8/2020) pukul 01.58 WIB. Gunung api aktif tersebut saat ini berstatus level III (Siaga).

Pos pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG menerangkan, erupsi kali ini merupakan yang pertama di masa pandemi Covid-19 sejak 9 Juni 2019.

Informasi diperoleh, erupsi ini menyemburkan abu vulkanis setinggi kurang lebih 2.000 meter. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur.

"Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunugn Sinabung, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4 dan Kecamatan Merdeka," tulis laporan dari pos pengamatan tersebut.
 
Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 3.644 detik.

Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung merekomendasikan agar masyarakat setempat memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak gangguan kesehatan dari abu vulkanis.

Tak hanya itu, masyarakat yag berada dan bermukim di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

"Imbauan warga apabila terdamapk abu memakai masker dan pelindung diri," tulisnya
 
Selain itu warga atau pengunjung juga dilarang berada di lokasi dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km unutk sektor timur-selatan dan 4 km untuk sektor tiur-utara. (rnl)
Loading...

Artikel Terkait