Daerah

Sekda Tanahdatar Irwandi Apresiasi Kinerja Pengadilan Agama Batusangkar

Oleh : luska - Selasa, 11/08/2020 12:24 WIB

Tanahdatar, INSONEWS.ID --- Sekda Tanahdatar Irwandi mengakui selama ini pengadilan agama (PA) telah banyak berbuat dalam menyelesaikam permasalahan perceraian atau perkawinan, namun juga mempunyai fungsi lain, seperti menyelesaikan permasalahan warisan, hibah, zakat, infak, sadakah dan ekonomi syariah.

Hal itu diakui oleh Sekda Tanahdatar mewakili Bupati Tanahdatar dalam acara pisah sambut Ketua Pengadian agama Batusangkar dari Burnalis kepada Palutua Lubis dan perkenalan Rektor IAIN Batusangkar yang baru Marjoni Imamora Letkol.Inf Edi S Harahap bersama istri yang juga akan bertugas di tempat yang baru, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar Hardijono Sidayat, Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, Kapolres Padang Panjang, Bawaslu, KPU, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD di gedung Indo Jalito Batusangkar.

"Jika berbagai permasalahan muamalah menyangkut keumatan yang terjadi dalam masyarakat mampu ditangani dengan baik, tentu Pengadilan Agama telah memberi peran menciptakan masyarakat aman, tenteram dan damai, .

Karena itulah , atas peran serta dan kerja sama selama ini dengan Pemerintah Daerah, Bupati, Wabup beserta jajaran menyampaikan terima kasih.

"Tentunya, atas kerja sama selama ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Burnalis dan menyampaikan selamat dan sukses di tempat yang baru, semoga mencapai karier yang semakin sukses.  Dan kepada pejabat baru Palatua Lubis, selamat atas amanah menjadi ketua PA yang baru, semoga kerja sama yang telah terjalin selama ini tetap terjaga untuk masa datang," ujarnya.

Kemudian Irwandi  juga menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkannya rektor IAIN Batusangkar periode 2020-2024. "Atas nama pemerintah daerah, kami juga menyampaikan selamat atas dilantiknya bapak Marjoni Imamora sebagai Rektor IAIN Batusangkar pada 23 Juli lalu oleh Menteri Agama. dan ucapan terima kasih atas kerja sama selama ini kepada  Kasmuri sebagai rektor lama," tukasnya.

Sebelumnya Ketua PA Batusangkar yang lama Burnalis menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan Forkopimda atas kerja sama dan dukungan selama menjabat di Tanah Datar.

"Tanah Datar mempunyai kenangan indah dalam karier saya, dan telah saya anggap sebagai kampung kedua setelah Pariaman, namun karena amanah yang saya terima untuk pindah ke PA Kabupaten Malang Jawa Timur, tentu itu harus saya ikuti. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama selama ini, mohon maaf kalau ada kesalahan dan kekurangan, serta mohon doa untuk sukses di tempat yang baru," ujarnya.

Sedangkan ketua PA yang baru Palatua Lubis menyampaikan mohon dukungan dan kerja sama yang baik kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, Forkopimda atau instansi lainnya di Tanah Datar untuk membantu pelaksanaan tugasnya. 
"Sebenarnya saya sudah 9 bulan bertugas di sini sebagai Wakil ketua PA Batusangkar. Dan sekarang diamanahkan menggantikan ibu Burnalis untuk menjadi ketua, tentu saya juga mohon dukungan dan kerja sama kita semua, baik Pemda ataupun Forkopimca, sehingga pelaksanaan tugas kita bisa berjalan dengan baik," 

Sementara itu  Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamura menyampaikan, ucapan terima kasih dan harapan untuk selalu bekerja sama dengan pemerintah daerah Tanah Datar. "Saya pun sebenarnya juga sudah tidak asing dan sudah lama di Batusangkar ini, karena sebelumnya saya juga menjabat sebagai Wakil Rektor yang cukup sering mewakili rektor dalam berbagai acara dan kegiatan. Namun, tentunya dalam jabatan yang baru diamanahkan ini, saya berharap Pemda dan Forkopimca bersama IAIN semakin erat dan baik kerja sama yang terjalin, sehingga tujuan menjadikan IAIN meningkat menjadi UIN bisa kita capai, paling tidak sampai sebelum masa jabatan rektor periode ini berakhir (M Datuk)

Artikel Terkait