Nasional

Puluhan Karyawan Positif Corona, Kantor Pusat BMKG Ditutup Sementara

Oleh : Ronald - Kamis, 13/08/2020 17:30 WIB

Kantor pusat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terletak di Jalan Angkasa Jakarta Pusat. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kantor pusat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terletak di Jalan Angkasa Jakarta Pusat, mulai hari ini, Kamis (13/8) ditutup sementara, setelah 31 karyawannya dinyatakan reaktif corona melalui Rapid Test. Namun layanan informasi terkait meteorologi, klimatologi dan geofisika tetap berjalan normal.

"Pengamatan meteorologi, klimatologi dan geofisika tetap berjalan normal selama penutupan kantor pusat," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, (13/8/2020).

Selama sepekan, semua pegawai di kantor pusat BMKG akan bekerja dari rumah dengan tetap menjaga produktivitas kinerja yang dilaporkan secara digital rutin dan berjenjang.

Dia juga memastikan layanan informasi prakiraan atau prediksi dan peringatan dini tetap terus terjaga dan tersebar ke masyarakat secara digital realtime, melalui sistem Internet of Thinks (IoT) yang selama ini beroperasi di BMKG.

Sementara hasil reaktif pada Rapid Test, nantinya akan ditindaklanjuti dengan melakukan Swab test yang saat ini masih menunggu hasilnya.

Sementara untuk petugas operasional masih diizinkan masuk ke kantor. Dengan catatan pembagian shift dan jumlah yang dibatasi.

"Yang memiliki akses masuk hanya para petugas shift di operasional, dengan jumlah yang sangat terbatas, sisanya BMKG menggunakan teknologi remote jarak jauh, yang WFH tetap wajib melaksanakan produktivitas kinerja secara rutin dilaporkan setiap harinya," ujarnya.

Tes terakhir di Kantor Pusat dilaksanakan pada 12 Agustus 2020 dan terkonfirmasi hasil tes yang menunjukkan reaktif pada sejumlah pegawai, namun masih perlu dilakukan tes selanjutnya untuk mengkonfirmasi secara lebih akurat hal tersebut, melalui tes swab dan PCR yang hasilnya akan keluar 3-5 hari ke depan.

BMKG Pusat telah melakukan beberapa kali tes cepat untuk memonitor perkembangan kesehatan para pegawai yang bertugas operasional di Kantor pada masa pandemi COVID-19. (rnl)

Artikel Terkait