Sosok

Mengenal Christ Pusung, Sosok Rendah Hati Diutus Jadi Kandidat Danup di Istana

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 14/08/2020 05:30 WIB

Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Chris Reinhard Pusung SIK (foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Chris Reinhard Pusung SIK menjadi salah satu kandidat komandan upacara (Danup) HUT ke-75 kemerdekaan RI di Istana Negara 17 Agustus mendatang.

Informasi yang diperoleh Manado Post, mantan Kapolres Minahasa tahun 2018 silam ini menjadi utusan Polri bersama tiga kandidat lain dari TNI (AL, AD dan AU) sebagai calon Danup yang akan memimpin upacara di depan Presiden Joko Widodo.

Perwira tiga bunga yang saat ini bertugas sebagai Kepala Satuan Tugas Wialyah (Kasatgaswil) Densus 88 Anti Teror Polri ini, dipilih untuk mengikuti proses seleksi Danup Upacara Kemerdekaan sejak awal tahun 2020.

“Proses seleksi dimulai sejak awal tahun. Pemilihan melalui seleksi tingkat satuan kerja (satker) Densus 88,” beber Pusung.

Kawanua yang pernah menjabat sebagai Kapolres Toli-toli dan Palu ini meneruskan, usai seleksi tingkat Satker, dirinya terpilih bersama 20 kandidat lain untuk melanjutkan proses di tingkat Mabes Polri.

Bulan Juni, lanjut Pusung, dari 20 kandidat, dipilih enam orang untuk mewakili Polri dikirim ke panitia seleksi. “Jadi dari 20, terseleksi menjadi enam untuk mewakili Polri. Nama-nama ini dikirim ke panitia pusat melalui bidang Upacara dan Paskibraka untuk nantinya diseleksi lagi tingkat pusat,” kata Pusung seperti dikutip dari Manadopost, Rabu (12/8/2020).

Selanjutnya, kata Pusung, proses seleksi yang meliputi Latihan fisik dan baris berbaris berpedang, akhirnya panitia pusat mengeluarkan empat nama. “Masing-masing mewaliki instisusinya, yaitu TNI AL, AD dan AU serta Polri. Saya terpilih mewakili Polri,” ungkap Pusung.

Empat nama ini lanjutnya, sudah pasti menjadi kandidat petugas dalam proses upacara HUT kemerdekaan. Peserta Counter Terrorism Workshop di FBI Academy, Quantico, Amerika Serikat 2012 dan Counter Terrorism Training di Rusia 2013 ini mengaku sangat bangga bisa sampai di tahap ini.

“Namun, tinggal menunggu keputusan siapa yang akan terpilih bertugas di upacara di Istana baik pagi ataupun sore. Saya tentu sangat bangga serta berterima kasih dan bersyukur karena sudah mempercayakan saya sebagai kandidat. Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan, jika Tuhan berkenan,” kata pria yang pernah mengikuti kursus International Law Enforcement Academy di Thailand 2014 ini.

Sementara dalam akun instagramnya, Pusung dipastikan akan menjadi komandan upacara 17 Agustus 2020 di Istana merdeka. Dalam unggahan tersebut, Pusung mengunggah foto-foto ia tengah melakukan latihan upacara di Istana negara.

Pusung dengan gagah memimpin, sembari menggunakan masker. Dalam keterangan unggahannya, ia menulis rasa syukur diberikan kesempatan untuk memimpin upacara 17 Agustus 2020 di Istana Negara. Berikut unggahannya di Instagram @christpusung97:

"23 Tahun lalu berdiri di sini saat Pelantikan Perwira Polri / lulus Akademi Kepolisian. Hari ini bisa ada di sini merupakan berkat kesempatan yang luar biasa dari Tuhan. Latihan di Istana Negara, 13 Agustus 2020

Selain unggahan ini, tampak pula Pusung mengunggah sesi latihan lainnya. Ia pun menulis caption bahasa daerah Minahasa, sebagai kalimat untuk mengobarkan semangat. "I YAYAT U SANTI !!! ANGKATLAH PEDANGMU," tulis Pusung.

Sosok Murah Hati

Menariknya, pria kelahiran 21 Desember 1975 itu memiliki kepedulian yang tinggi. Dalam peristiwa bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) belum lama ini turut mengundang rasa empatinya.

Kombes Pol Christ R Pusung yang yang menjabat sebagai Kasatgas Densus 88 Aceh ini bahkan mengiklaskan gaji 13-nya untuk membantu warga terdampak bencana dalam bentuk susu dan makanan tambahan untuk bayi dan anak-anak, popok, dan bahan makanan lainnya.

Menariknya lagi, pada tahun 1992, Christ Reinhard Pusung diketahui pernah menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara. Lalu ia mengikuti sekolah Akademi Polisi Akpol dan lulus pada tahun 1997.

Sebelumnya menjabat Kasatgas Densus 88 Aceh, Christ Reinhard Pusung menjadi Kapolres Toli-toli, Sulawesi Tengah. Lalu kemudian bertugas di tanah kelahirannya, Polres Minahasa, Sulawesi Utara. Kombes Pol Christ Reinhard Pusung juga telah mengikuti workshop internasional mengenai terorisme.

Ia ikut dalam Counter Terrorism Workshop di FBI Academy, Quantico, Amerika Serikat 2012. Ia Juga Counter Terrorism Training di Rusia 2013 Course di Inernational Law Enforcement Academy, Thailand 2014. Kombes Pol Christ Reinhard Pusung merupakan anak sulung mantan Lurah Dendengan Dalam Kota Manado.

Profil Kombes Pusung

Pama Korbrimob Polri 1998
Danton Resime I Korp Brimob Polri 2000
Kasat KLantas Polresta Sorong Polda Papua 2007
Wakapolres Kep Yapen Polda Papua 2009
Kapolres Toli Toli Polda Sulteng 2015
Kapolres Palu Sulteng 2016
Kapolres Minahasa Polda Sulut 2017
Kasatgaswil Aceh Densus 88 2019.*(Rikard Djegadut).

 

 

 

 

 

Loading...

Artikel Terkait