Opini

1001 Cara Warga Indonesia di Belgia Meriahkan HUT RI ke-75

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 17/08/2020 19:45 WIB

Warga Negara INdonesia menyelenggarakan upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 di kantor KBRI Brussel (Foto: dok KBRI Brussel)

Oleh: Dara Yusilawati*)

Kiriman Pembaca, INDONEWS.ID - Brussel, 17 Agustus 2020 — Siapa bilang kreativitas ada batasnya? Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung di Belgia dan Luksemburg – bahkan dengan pengetatan kembali aturan relaksasi akibat peningkatan kasus--kondisi ini tidak menyurutkan semangat tinggi masyarakat Indonesia di Belgia dan Luksemburg untuk tetap merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini.

Dengan dibatasinya kegiatan berkumpul dan interaksi oleh Pemerintah Belgia, semua perayaan HUT RI dilakukan di rumah termasuk menonton upacara bendera yang ditayangkan secara online oleh KBRI Brussel. Tidak ada kegiatan perlombaan olahraga, bazaar makanan Indonesia, atau panggung gembira yang biasanya jadi ajang berkumpul dan bercengkrama untuk melepas kangen warga Indonesia.

Namun demikian, bukan berarti parayaan HUT RI tahun ini tidak seru lho! Bisa dibilang, justeru tahun ini adalah tahun paling kreatif. Ibu Rifka Toding Layuk dari Liege misalnya, beliau rela mendedikasikan waktunya bersama anak-anaknya untuk mendekorasi halaman rumahnya dengan umbul-umbul ala 17-an.

Bapak Bobby, salah seorang mahasiswa Indonesia di Leuven, melakukan lomba kelereng ala 17-an bersama keluarganya di halaman rumah. Toni dan JJ, mahasiswa Indonesia yang rela menjahit sendiri bendera merah putih demi merayakan HUT RI tahun ini. Tak ketinggalan, masyarakat Luksemburg yang menjahit masker merah putih.

Ada juga Ibu Novi, seorang WNI yang menikah dengan warga Belgia, yang secara khusus memasak nasi tumpeng istimewa dengan minuman Kunir Asem untuk merayakan hari merdeka ini bersama keluarga besarnya di Belgia. Semua dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI tahun ini dan pengobat kangen perayaan 17-an.

KBRI Brussel tahun ini menyelenggarakan Kompetisi Membuat Video Kreatif dengan tema “Semangat 75”. Kompetisi ini memperebutkan hadiah uang dengan total 750Euro. Semua video yang masuk akan ditayangkan di Instagram, Facebook dan Youtube KBRI Brussel pada tanggal 17, 18 dan 19 Agustus 2020. Pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada tanggal 25 Agustus 2020.

Tidak hanya itu, untuk menambah warna meriahnya HUT RI tahun ini, KBRI Brussel juga meluncurkan cover lagu Bendera yang dinyanyikan oleh staf KBRI Brussel. Pada Oktober 2020, akan diselenggarakan juga Panggung Gembira Virtual dengan ragam penampilan dan musik.

KUAI KBRI Brussel Sulaiman Syarif menyampaikan apresiasi atas semangat tinggi warga Indonesia di Belgia dan Luksemburg. ”Semangat dan nasionalisme masyarakat Indonesia justru sangat terlihat ketika mereka berada di luar negeri. Berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang bangsa dan budaya semakin memperkuat kecintaan mereka terhadap tanah air,” ujar Wakil Dubes yang baru tiba di Belgia 18 Juni lalu ini.

Meningkatnya kasus infeksi Covid-19 di Belgia sejak 27 Juli lalu telah mendorong Pemerintah Belgia kembali memperketat relaksasi tahap 4 dan menunda relaksasi tahap 5 yang seharusnya diterapkan sejak 1 Agustus 2020. Tren peningkatan kasus masih berlangsung hingga saat ini dengan rata-rata sekitar 604 kasus per harinya (data tanggal 5-11 Agustus 2020).

Per tanggal 17 Agustus 2020, terdapat 77.133 kasus positif dengan jumlah kematian 9.924 orang. Meskipun pada beberapa hari terakhir kasus Covid-19 sempat turun namun angka pasien yang masuk rumah sakit justeru meningkat. Sepertinya aturan ketat protokol kesehatan yang saat ini diterapkan akan terus berlangsung dalam beberapa waktu ke depan.*

*) Dara Yusilawati adalah Sekretaris Pertama KBRI Brussel

Artikel Terkait