Nasional

Antisipasi Kemacetan Libur Panjang, Jasa Marga Lakukan Contraflow di KM 47 Tol Jakarta Cikampek

Oleh : Ronald - Kamis, 20/08/2020 12:30 WIB

ilustrasi gerbang tol cikampek ( Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jasa Marga kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow Kilometer 47 sampai dengan Kilometer 53 Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Cikampek.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, contraflow ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan buka tutup situasional di Kilometer 50 dan Kilometer 57.

"Selain itu Jasa Marga juga melakukan buka tutup situasional pada Km 50 dan Km 57. Dengan diberlakukannya contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Kilometer 48 akibat titik pertemuan lalu lintas dari Jakarta-Cikampek Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek," ," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Kamis, (20/8/2020).

Saat ini, lanjut Widiyatmiko, kendaraan di dekat Gerbang Tol Cikampek Utama arah Cikampek dalam kondisi ramai dan lancar dengan 5 antrean kendaraan di Gardu Tol Cikampek Utama.

Selain itu, pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk mengurai kemacetan dan memastikan contraflow di lokasi berjalan lancar. "Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, mengisi bahan bakar sebelum mulai perjalanan," kata dia.

Widiyatmiko berharap, dengan diberlakukannya contraflow dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Km 48. Kepadatan volume kendaraan karena titik pertemuan lalu lintas dari Jakarta-Cikampek Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek.

Saat ini, antrean kendaraan jelang Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Cikampek cenderung ramai lancar, dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal.
 
"Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu," ujar dia.
 
Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.
 
"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," pungkas Widiyatmiko. (rnl)

Artikel Terkait