Daerah

Yayasan Pendidikan PGRI Sumbar Berikan Kemudahan untuk Putra Putri Tanahdatar

Oleh : luska - Jum'at, 21/08/2020 07:37 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Ketua Yayasan Pendidikan PGRI  Sumbar Dr H Dasrizal MP menyampaikan sekolah binaannya akan  memberikan kemudahan kepada putra putri Tanahdatar untuk melanjutkan kuliyah di STKIP PGRI Sumbar dan tidak itu saja kemudahan yang diberikan menggratiskan uang pengembang sebesar 70 persen atau dengan biaya satu juta sudah bisa kuliyah di STKIP PGRI 

Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan Pendidikan PGRI  Sumbar Dr. H. Dasrizal M.P waktu melakukan audience dan dialoq dengan wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma yang juga dihadiri wali Nagari bersama wali Jorong se Nagari Lima Kaum dan wali Jorong se Nagari batipuah Baruah Kecamatan Batipuh dirumah kedimanan wakil Bupati Tanahdatar  dimalano Punco  .

Saya tertarik dengan Program Tanahdatar dalam bidang pendidikan apalagi setelah saya bertemu dengan wakil Bupati tanahdatar dalam suatu kegiatan di Balimbing dan beliau memaparkan bagaimana Pemda Tanah Datar begitu konsen agar generasi muda usia sekolah di Tanah Datar tetap bisa melanjutkan pendidikan bahkan sampai perguruan tinggi,

Karena begitu besarnya tekad beliau ujar Dr H Dasrizal sebagai putra Tanahdatar saya juga punya kewajiban untuk membantu kampung halaman saya sehingga dengan kemudahan yang saya berikan itu tentu akan bisa membantu putra putri tanahdatar yang ingin melanjutkan pendidikan di STKIP PGRI Sumbar.

STKIP PGRI Sumbar merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Padang yang telah berdiri sejak tahun 70 an dan telah melahirkan sarjana dan alumni sampai 25 ribuan dengan 14 Program Studi saat ini. Karena itu kita  siap menerima Putra dan Putri tanahdatar kuliyah dan  kita gratiskan uang pengembangan sampai 70% atau hanya Rp.1 juta, bisa masuk kuliah di sana, setelah kuliah kita juga punya berbagai program beasiswa, sehingga juga akan membantu mahasiswa nantinya

Sementara itu wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma mengatakan peningkatan sektor pendidikan yang menjadi salah satu program utama pembangunan Tanah Datar yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya, karena memang Luhak Nan Tuo tidak mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah yang bisa memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Seperti yang telah kita tekadkan, bahwa tidak ada anak usia sekolah di Tanah Datar yang tidak bersekolah karena alasan tidak ada biaya, begitu juga dengan masuk perguruan tinggi Negeri juga dibantu Pemda dan Baznas Tanah Datar,” .

“Namun, kita juga temui di lapangan, ada anak kita yang tidak lulus di Perguruan Tinggi Negeri tapi tetap semangat ingin kuliah, karena takut kuliah di swasta karena dana untuk kuliah dibutuhkan cukup besar,”.

“Alhamdulillah kita berterima kasih kepada  beliau selaku ketua Yayasan Pendidikan PGRI Sumbar menyampaikan siap membantu anak-anak kita yang mau kuliah di sana dengan beberapa keringanan. Tentu potensi ini bisa kita manfaatkan, tidak hanya bagi perwakilan yang hadir malam ini, tapi juga bagi seluruh masyarakat Tanah Datar, silahkan data anak kita, sampaikan ke Saya atau langsung kepada beliau, beliau siap membantu,” 

Sedangkan , Wali Nagari Limo Kaum Gusrial menyambut baik potensi yang disampaikan. “Tentu, informasi yang kami peroleh malam ini sangat bermanfaat bagi kami dan menjadi berita baik bagi anak-anak kami yang ingin kuliah, semoga langkah ini menjadi solusi bagi kita untuk terus berkomitmen agar generasi kita bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,” dan harapan yang sama juga disampaikan Wali Jorong Subang Anak Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah Jon Sati yang menyatakan sangat senang dengan informasi yang diperolehnya. “Insya Allah, kita akan segera sosialisasikan potensi ini kepada masyarakat kita, sehingga anak-anak kita bisa berkuliah lanjutkan ke Perguruan Tinggi menggapai cita-cita mereka, (M.Datuk)_

Artikel Terkait