Gaya Hidup

Indahnya Berbagi di Negeri Singa

Oleh : luska - Minggu, 30/08/2020 06:50 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Para volunteer dari Komunitas Indonesia di Singapura sangat bergembira berkesempatan mendukung kegiatan volunteer yang diselenggarakan oleh Central Singapore Community Development Council Kampong Glam pada Hari Sabtu, 29 Agustus 2020.

Acara ini terbagi dalam 2 session di daerah Beach Road dan French Road yang melibatkan berbagai elemen komunitas yang ada di Singapura dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 dimana semua peserta mamakai masker, mendapat pengecekan suhu tubuh serta melakukan social distancing.

Antusiasme teman-teman volunteer Komunitas Indonesia di Singapura sangat tinggi untuk mendukung kegiatan ini, terbukti sejak diumumkannya kegiatan pencarian volunteer yang hanya disebarkan melalui sosial media dalam waktu sekitar 2 hari perekrutan telah diikuti oleh sekitar 30 diaspora Indonesia di Singapura.

Kegiatan ini dibuka oleh Ms. Denise Phua, selaku MP Kampong Glam yang dalam wejangannya memberikan rasa terima kasih yang tulus kepada para volunteer yang terlibat dari berbagai organisasi dan komunitas termasuk rasa apresiasinya terhadap teman-teman volunteer yang tergabung dalam FKMIS.

Beliau mengingatkan agar para volunteer jangan melihat kegiatan ini hanya sebagai untuk sekedar membantu buat memberi goodie bags yang berisi frozen food semata kepada para warga senior di sekitar area Kampong Glam tetapi Beliau mengajak agar semua yang terlibat dapat turut merasakan serta mempunyai pengalaman "berbagi kasih dan kepedulian" antar sesama penduduk yang ada di Singapura tanpa membedakan etnis, ras, agama, latar belakang profesi dan komunitas.

Dalam sambutannya, MP Denise Phua berpesan agar kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan Beliau sangat terbuka dengan ide kerjasama dan menyambut banyak inisiatif dapat dilakukan di masa depan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para warga Singapura.

Dalam masa pemulihan masa covid-19 ini, acara volunteer ini terbuka bagi setiap orang, khususnya bagi yang berusia di atas 18 tahun dan tidak memiliki halangan dalam melakukan aktivitas fisik serta tidak disarankan bagi yang di atas usia 60 tahun.

Beliau juga mengingatkan agar para volunteer jangan hanya melakukan kegiatan ini sebagai suatu kegiatan biasa saja tapi haruslah dibarengi oleh rasa cinta dan solidaritas terhadap sesama sehingga aktivitas ini menjadi ungkapan kebersamaan yang kokoh untuk menjadikan Singapura sebagai negara yang makin maju, makmur, dan aman.

Pengalaman singkat dalam 2 session itu menyisakan banyak kenangan indah dari para volunteer yang dengan rela hati bekerjasama untuk mendapat briefing dari panitia yang kemudian kami bersama-sama secara berkelompok mengunjungi blok-blok yang sudah ditentukan untuk membagikan bingkisan makanan frozen secara merata.

Para volunteer yang terlibat juga sangat senang dapat mengenal warga Kampong Glam dan berkenalan dengan teman-teman volunteer lain dari berbagai latar belakang, mulai dari proffesional, ibu rumah tangga, pekerja migran pelajar, bahkan remaja diaspora Indonesia di Singapura.

Stephanus TW selaku Ketua FKMIS yang membantu menjembatani komunikasi CDC dalam pencarian volunteer dari berbagai Komunitas Indonesia di Singapura mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan para volunteer yang hari ini dengan semangat 45 berkontribusi waktu dan tenaga di tengah waktu weekend yang berharga ini dan mau memberikan diri terhadap acara CDC ini, harapannya adalah ikegiatan semacam ini dapat dilakukan lebih sering lagi untuk memperat hubungan baik yang sudah terjalin antar komunitas Indonesia di Singapura dimanapun berada dengan komunitas Singapura.

Walapun kegiatan bagi sembako ini berlangsung singkat tapi semua dilakukan dengan sangat tertib serta dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat, hal ini tidak mengurangi ciri khas keramahtamahan orang Indonesia yang terkenal akan budaya santun dan tata krama yang tinggi, tak lupa senyum dan sukacita terpancar dari para volunteer yang terlibat yang harus meluangkan waktu di Hari Sabtu yang biasanya diisi oleh acara santai namun kali ini diisi dengan hal yang unik dan bermanfaat penuh arti.

Tak terasa sebelum dan sesudah sesi-sesi berakhir sebagaimana umumnya warga Indonesia di Singapura yang doyan cari makanan enak, kami juga mencicipi beberapa spot tempat kopdar  di daerah sekitar Beach Road dan French Road sambil melepas lelah setelah harus bolak-balik menyusuri lorong2 blok yang kelihatannya dekat-dekat tapi bila dijalankan ternyata lumayan seru pengalamannya, tapi karena dilakukan secara beregu maka semua rasa lelah seperti tak dirasakan.

Yang tersisa dari acara "Indahnya Berbagi di Negri Singa" hari ini adalah rasa syukur atas pengalaman kebersamaan yang indah, perbuatan kecil yang dilakukan dengan penuh cinta  menjadi sangat bermakna, Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung: semoga kita yang tergabung dalam komunitas-komunitas Indonesia di Singapura dapat terus bekerjasama dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan para warga negara Singapura dimana tempat tinggal kita juga dan sebagai rumah bersama yang harus dirawat dan dijaga keharmonisannya.

Bagi kawan-kawan Indonesia di Singapura yang ingin mrnjadi volunteer di acara2 CDC selanjutnya silakan bergabung ke group WA ini https://chat.whatsapp.com/FUOZNirQlTnJIaO07J9cco

Salam FKMIS
www.fkmis.sg

Loading...
TAGS : Fkmis

Artikel Terkait