Nasional

Dunia Pemberantasan Korupsi Berduka! Penyidik KPK Meninggal

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 14/09/2020 15:01 WIB

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kompol Pandu Hendra Sasmita (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dunia pemberantasan korupsi Indonesia tengah berduka. Pasalnya, salah seorang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kompol Pandu Hendra Sasmita berpulang dipanggil sang Khalik.

Kabar tersebut dibenarkan Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri pada Minggu, 13 September 2020. Kompol Pandu Hendra Sasmita meninggal dunia pukul 15.03 WIB.

"Kompol Pandu Hendra Sasmita wafat akibat sakit," ujar Ali kepada wartawan.

Kompol Pandu sempat menjalani perawatan di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur karena positif tertular virus corona baru (COVID-19). Namun diketahui setelah 2 kali menjalani tes swab, Kompol Pandu dinyatakan sudah sembuh dari COVID-19.

"Sebelumnya almarhum sempat dirawat di RS Polri karena terpapar COVID-19 namun sudah dinyatakan non COVID-19," imbuh Ali.

Kabar mengenai Kompol Pandu sebenarnya sempat mencuat pada awal bulan September ini. Saat itu disebutkan Kompol Pandu dalam kondisi positif COVID-19 dan kritis.

"Kita doakan untuk pegawai yang sedang mengalami penurunan kondisinya terkait COVID-19, semoga dapat melalui masa kritis ini dan bisa kembali pulih dan sehat," ucap Ali saat itu yang merujuk pada Kompol Pandu.

Informasi ini menyusul kabar sebelumnya bila penyidik senior KPK Novel Baswedan positif tertular virus corona. Namun saat ini Novel Baswedan sudah dinyatakan sembuh.

Ali menyampaikan bila Kompol Pandu nantinya dimakamkan di Jember, Jawa Timur. Dia turut memohonkan doa untuk Kompol Pandu.

"Semoga seluruh amal baiknya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran," kata Ali.

Sejauh ini di lingkungan KPK terdapat 69 kasus orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tetapi di antaranya ada 31 orang yang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan sisanya yaitu 38 orang masih menjalani isolasi mandiri.

"Kami juga masih menunggu seluruh hasil test swab terhadap pegawai dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK yang telah dilakukan sejak Senin sampai Jumat, 7 sampai dengan 11 September 2020 dengan jumlah peserta 1.901 orang," kata Ali.

Sementara itu Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo menceritakan mengenai sosok mendiang Kompol Pandu. Yudi mengaku sempat bertugas bersama Kompol Pandu.

"Wadah Pegawai KPK berduka cita atas meninggalnya Kompol Pandu Hendra Sasmita, salah satu penyidik terbaik yang dimiliki oleh KPK. Kami mengenal almarhum sebagai pribadi yang baik dan murah senyum," kata Yudi.

"Saya sendiri pernah bertugas bersama Mas Pandu sehingga mengenal Mas Pandu sebagai penyidik yang berdedikasi dan berkomitmen tinggi dalam menyelesaikan tugas yang diamanahkan," imbuh Yudi.

Jasa-jasa yang ditinggalkan Kompol Pandu, menurut Yudi menjadi motivasi pegawai KPK untuk selanjutnya memberantas korupsi. Yudi mendoakan Kompol Pandu mendapatkan tempat terbaik.

"Jasa-jasa beliau selama bertugas menjadi penyidik di KPK akan menjadi kenangan sekaligus motivasi bagi kami para pegawai KPK sekaligus rekan kerjanya untuk melanjutkan cita-cita beliau dalam memberantas korupsi di negeri ini," ucap Yudi.

"Kami berdoa semoga Allah SWT menerima seluruh amal baiknya, dilapangkan jalannya dan diberikan tempat terbaik disisinya serta kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan keikhlasan," imbuhnya.*

Loading...

Artikel Terkait