Daerah

Selamat! Mendagri Tunjuk Bahtiar Jadi Pjs Gubernur Kepulauan Riau

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 25/09/2020 17:15 WIB

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum sebagai Pjs Gubernur Kepri Dr. Drs. Bahtiar, M.Si bersama Dosen Senior Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) selaku Pemimpin Redaksi media Indonews.id Drs. Asri Hadi, MA

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian baru saja melantik beberapa Pejabat sementara (Pjs) Gubernur di sejumlah Provinsi, Jumat (25/9/2020). Satu diantaranya adalah Pjs. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dr. Drs. Bahtiar, M.Si

Penunjukkan ini sekaligus menjawab teka-teki selama ini terkait siapa sosok yang akan menggantikan Gubernur Kepri Isdianto selama mengikuti Pilkada.

Upacara penyerahan Surat Keputusan yang dipimpin langsung oleh Mendagri Tito ini disiarkan langsung oleh Kemendagri melalui live streaming, dari Gedung C Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (25/9/2020).

Penunjukan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum sebagai Pjs Gubernur Kepri itu, dilakukan dalam acara Penyerahan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Penunjukan Penjabat Sementara Gubernur Kepri, berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 121.21-2911/2020.

Selama 73 hari ke depan, Bahtiar akan menggantikan Gubernur Kepri Isdianto yang cuti untuk mengikuti Pilkada 2020.

Dosen Senior Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) selaku Pemimpin Redaksi media Indonews.id Drs. Asri Hadi, MA dihubungi secara terpisah mengucapkan selamat kepada Dr. Bahtiar atas tugas baru yang diembannya ini.

"Kepada Dr. Bahtiar yang merupakan purna praja IPDN, saya mengucapkan selamat atas tugas baru yang diemban ini, saya doakan semoga amanah dan terus memberikan yang terbaik untuk negeri," kata Asri kepada Indonews.id, Jum`at (25 9/20) sore.

Profil Bahtiar

Lantas, siapa sebenarnya sosok Bahtiar yang bakal menduduki kursi nomor satu di Kepri ini?

Dr. Drs. Bahtiar, M.Si adalah seorang pejabat madya di Kementerian Dalam Negri. Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor dan berhasil lulus pada 27 Juli 1995.

Di Kemendagri, Bahtiar menjabat sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan penunjukan sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, maka Bahtiar merangkap jabatan sebagai Kapuspen juga.

Pada 27 Juli 2020 lalu, pejabat Eselon IA ini resmi dilantik untuk menduduki posisi ini.

Sebelumnya, Bahtiar menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri.

Kariernya yang terus menanjak ini bukan didapatkan secara instan. Dia pun pernah mencicipi sejumlah posisi yang ada di Kemendagri.
Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kasubdit Ormas Ditjen Polpum Kemendagri.

Sosok pria asal Bone, Sulawesi Selatan ini, ini dikenal sangat dekat dengan kalangan jurnalis. Seiring berjalanannya waktu, kariernya terus melesat naik. Dia kemudian menjabat Direktur Perundang-undangan Ditjen Polpum.*(Rikard Djegadut).

 

Loading...

Artikel Terkait