Nasional

Dukung Pencegahan Corona, Relawan GEMAS Serahkan 100 Ribu Masker Kain ke Pemprov DKI

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 29/09/2020 17:45 WIB

Penyerahan secara simbolis 100 Ribu Masker Kain Gratis dari GEMAS kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Relawan Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) menyerahkan bantuan 100 ribu masker GEMAS kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria secara daring pada Selasa, (29/9/2020).

Perwakilan Relawan Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS), Wanda Ponika mengatakan penyerahan masker kain gratis ini untuk menyikapi kondisi terkini terkait angka kasus penyebaran virus corona yang terus melonjak, terutama untuk wilayah DKI Jakarta.

“Semoga masker ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat DKI Jakarta dan dapat membantu Pemprov DKI mengurangi dampak dari Pandemi Covid19,” ucap Wanda Ponika.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan apresiasi kepada GEMAS yang telah membantu Pemprov DKI dalam upaya untuk mengurangi dampak dari pandemi Covid-19.

“Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi untuk GEMAS yang telah memberikan masker non-medis. Mudah-mudahan Gerakan seperti GEMAS ini semakin banyak dan hadir untuk sama-sama bersinergi positif menangani dan mengurangi dampak dari pandemi Covid-19,” ungkap Ahmad Riza dalam sambutannya.

Hingga saat ini, masker kain GEMAS telah dibagikan langsung oleh relawan di lapangan, dan berbagai NGO, TNI AD, serta komunitas antara lain Anak Indonesia Bersatu, Dompet Dhuafa, Kodim Jakarta Barat, GMI Jakarta, Komunitas Slankers, Asensi, Komunitas Spedox Surabaya, Korlantas Polri, Polda Metro Jaya, Kerabat KOTAK Indonesia, Bali Beachwalk, fX Sudirman, Park23, Plaza Indonesia, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Banten dan masih banyak lainnya.

Total Masker yang telah didistribusikan lebih dari 3.5 juta ke seluruh Indonesia. Masker merah putih dari GEMAS ini dipakai oleh banyak influencer tanah air seperti: Raffi Ahmad; Maia Estianty; Cinta Laura; Baim Wong; Ari Lasso; Prilly Latuconsina; dan Kaesang Pangarep. Para influencer ikut mengkampanyekan pentingnya memakai masker kain terutama disaat pandemi Covid-19.

Tentang Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS)

Program GEMAS ini adalah Program donasi Masker Gratis ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu sebagai salah satu alat pelindung diri terhadap penyebaran virus Covid-19.

Pada saat ini diprioritaskan yang berada di wilayah Jakarta atau wilayah lain yang berdasarkan data statistik terkena dampak virus Covid-19.

Masker yang dibagikan adalah masker kain non-medis yang dapat digunakan secara berulang namun tetap terlindung dari penularan virus Covid-19.

Selain itu, masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali. Program GEMAS ini nantinya akan membagikan masker kepada jutaan masyarakat Indonesia yang membutuhkan secara gratis.*(Rikardo)

 

Artikel Terkait