Bisnis

Sinergi PNM dan Pelindo Gelar Pelatihan Budidaya Rumput Laut di Telluwanua Palopo

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 05/10/2020 13:30 WIB

PT Pelindo-PNM

Palopo, INDONEWS.ID - PT Pelabuhan Indonesia IV (PT Pelindo) bersinergi dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PT PNM Cabang Palopo merealisasikan kegiatan program kemitraan dengan menggelar pelatihan online bagi pelaku usaha di Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu, (19/9/20) lalu.

Pelatihan yang dilakukan secara daring melalui video confrence Zoom Meeting tersebut bertujuan meningkatkan capacity building bagi para pembudidaya rumput laut di wilayah Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo dalam mengembangkan usahanya.

Adapun tema yang diusung dari program kemitraan ini adalah “Usaha Rumput Laut Tetap Produktif di Masa New Normal” yang dibawakan oleh penyuluh muda Dinas Perikanan Palopo dari BRPBAP3 KKP Maros, Nurbhakti S.Ip.

Dalam pemaprannya, Nurbhakti S.Ip menegaskan kendati para pembudidaya rumput laut di Kota Palopo menghadapi pendemi Covid-19, namun semangat tidak boleh surut dan kiranya tetap produktif di masa new normal.

Selain pelatihan online, PT Pelindo IV (Persero) mengemban amanah untuk penyaluran Dana Program Kemitraan kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya.

Untuk itu, PT Pelindo IV (Persero) memilih PT Permodalan Nasional Madani (PNM) (Persero), yang merupakan lembaga keuangan non bank untuk mendampingi nasabah UMKM.

Pemimpin cabang PT. PNM Cabang Palopo, Zulfikar Arsyad, mengatakan  sinergi antara PT Pelindo IV dan PT PNM diharapkan dapat mendekatkan nilai-nilai positif BUMN di hati masyarakat.

“Kami PT PNM secara berkesinambungan memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan secara reguler dan pelatihan klaster seperti yang dilakukan saat ini,” pungkasnya.

Turut juga hadir dalam video conference Sekretaris PT. Pelindo IV Dwi Rahmat Toto, Kepala Visivi JML PT. PNM Cut Ria Dewanti, dan Kabag PKBL Pelindo IV Supriadi Ratman.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Dalam merealisasikan komitmen untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha.

Saat ini PNM memiliki 2.984 kantor layanan, yang terdiri dari 62 kantor cabang PNM, 626 kantor layanan ULaMM dan 2.296 kantor cabang Mekaar yang melayani UMK di 34 Provinsi, 427 Kabupaten, dan 4.276 Kecamatan.*(Rikardo).

Loading...

Artikel Terkait