Opini

Pemerintah Impoten Karena Disandera Oligarki

Oleh : indonews - Minggu, 11/10/2020 21:24 WIB

Rizal Ramli, ekonom senior. (Foto: ist)

Oleh: Rizal Ramli*)

INDONEWS.ID --- Oligarki yang sudah super-kaya diberikan kemudahan konsensi tambang, tanah dan hutan dengan mengabaikan lingkungan dan hak rakyat lokal. Inilah daging wagyu super, kekayaan oligarki akan naik 20-100 kali ! Itu terjadi karena 12 komite Omni-Cilaka terkait bisnis tambang dan perkebunan. Bos mah mudah diakali.

Oligarki yang sudah super kaya dikasih  wagyu super untuk 50 tahun, harta mereka bisa naik 20-100 X. Tidak perlu memeras lagi buruh yang sudah miskin. Tapi kerakusan (‘greed’) tidak ada habis-habisnya. Itulah mengapa pendiri-pendiri Republik ini tidak mau ikut model kapitalisme ugal-ugalan. UUD’45 itu ditengah, ini yang dihianati !

Bagaimana dengan birokrat korup dan lapangan kerja? Tidak ada jalan lain selain tindak tegas mereka. Pemerintan kami, Gus Dur, ciptakan lapangan kerja 5 juta per tahun, Jokowi kurang 1 juta/tahun. Kami ndak pakai Omni-Cilaka, pakai kebijakan makro dan korporate yang pro petani, UKM dan pengusaha nasional. Karena kami ‘policy makers” tidak punya konflik kepentingan !!

*) Dr. Rizal Ramli, penulis adalah tokoh nasional, ekonom senior.

Loading...

Artikel Terkait