Nasional

Sasmito H. Wibisono Luncurkan Buku "Pengantar Rekaya Keuangan"

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 14/10/2020 14:40 WIB

Dosen Universitas Trisakti, Dr. Sasmito Hadi Wibisono, Msc, penulis buku "Pengantar Rekayasa Keuangan" bersama Pemred Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dosen Universitas Trisakti, Dr. Sasmito Hadi Wibisono, Msc kembali meluncurkan buku barunya berjudul "Pengantar Rekayasa Keuangan" yang diterbitkan oleh Nasmedia.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS ini dalam bukunya mengatakan fakta sejarah memperlihatkan bahwa cuaca dapat mempengaruhi seseorang, business ataupun negara.

Negara-negara Eropa menyerang daerah Selatan dilandasi oleh karena kondisi cuaca yang Iebih baik. Business, paparnya, bisa gagal karena barang yang diproduksi tidak sesuai dengan yang diperlukan konsumen.

Akibatnya, masyarakat kelaparan ketika tanaman rusak karena gangguan cuaca.Menghindari kerugian karena gangguan cuaca menjadi impian banyak usahawan. Untuk itu, dipelukan rekayasa keuangan untuk menangani resiko.

Penanganan resiko cuaca, yang sudah umum di negara maju, adalah salah satu contoh derivatives untuk menghadapi suatu resiko. Derivatives adalah instrumen keuangan yang prospek profitnya didasarkan pada sesuatu yang Iain, yang disebut sebagai underlying atau referensi variabel.

Meliputi disain, pengembangan, proses & implementasi instrumen keuangan, dan pembentukan solusi kreatif untuk menyelesai kan masalah keuangan. Tujuannya adalah mengurangi resiko yang dihadapi dan biaya perusahan.s Sehingga memperoleh keuntungan akunting dan pengurangan pajak.

Pemimpin Redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA, selaku sahabat Dr. Sasmito Hadi Wibowo, Msc menyambut baik tentang buku "Pengantar Rekayasa Keuangan" ini.

"Buku yang sangat luar biasa. Selamat untuk Dr. Sasmito. Saya menyambut baik tulisan tentang rekayasa keuangan yang memang perlu masyarakat tahu di tengah pendemi covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini," ungkap Asri dalam keterangannya kepada indonews.id.

Profil Singkat

Dr. Sasmito Hadi Wibowo, Msc adalah anak seorang guru SD di Pacitan, Jawa Timur. Menamatkan D3 di Akademi Ilmu Statistik(AIS); Sl Statistika di Institut Penanian Bogor(lPB), S2 Aplikasi Statistik di North Dakota State University (NDSU), USA; dan S3 ekonometrik dan keuangan imemasional di Southern Illinois University at Carbondale (SIUC), USA. Pemah menjadi Pemimpin/Staf Redaksi di Buletin Statistik AIS dan the Marginalist SIUC.

Bekerja menjadi staf hingga Deputi Kepala Badan Pusat Statistik R1 selama hampir 38 tahun. Berbagai jenis kegiatan survei, sensus, studi, riset, analisis, dan pelatihan -pelatihan telah dilakukannya.

Ia terlibat dalam pemanfaatan intiasi dan tingkat bunga di APBN Indonesia, penanian, manufaktur, pariwisata, MPD big data, perdagangan, dana alokasi umum, harga bahan pokok, statistik keuangan, e-commerce, dan ekonomi kreatif.

Menjadi anggota Himpunan Alumni AIS/STIS, Ikatan Statistik Indonesia, Ketua Pelaksana SE2016, Ketua Restrukturisasi Program Statcap-Cerdas BPS&World Bank, Economic Statistic Group UNESCAP, Tim Evaluasi Kebijakan Ekonomi Pemerintah, Tim Asumsi Ekonomi Makro APBN, National Coordinator/Friendfs of Chair for
International Comparison Program, American Economics Ascociation, dsb.

Selain menjadi pengajar di Universitas Trisakti, juga mengajar/pernah di Universitas Gunadarma, Akademi Pemerintahan Dalam Negcri. Fakullas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan di Southern Illinois at Carbondale, USA.

Juga menjadi pembimbing/penguji tesis atau disertasi di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Gajah Mada dan di Universitas Pajajaran.

Topik mata kuliah yang diampunya mulai dari statistik dasar, metode statistik, analisis peubah ganda, analisis runtun waktu, ekonomi mikro, ekonomi makro, manajemen Keuangan, riset pemasaran, keuangan internasional, dan rekayasa keuangan.*

 

Artikel Terkait