Nasional

PNM Cabang Cilacap Gelar PKU Online Bagi Nasabah Mekaar

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 16/10/2020 12:31 WIB

Logo PNM

Purwokerto, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengelar pelatihan pengembangan kapasistas usaha (PKU) bagi para nasabah Mekaar Kamis (15/10).

Pelatihan online yang dilaksanakan via zoom meeting ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran secara online bagi segenap nasabah Mekaar Cabang Mersi (Regional Cilacap).

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Grab Purwokerto, Aji Nugroho. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang kemitraan dengan pelaku usaha yakni mulai dari cara mendaftar menjadi mitra, mengisi pendaftaran, memasukkan kategori jenis produk, foto produk hingga harga.

Pelatihan ini merupakan program pembinaan lanjutan. Sebelumnya, nasabah Mekaar Cabang Mersi telah mendapat pelatihan tentang membuat makanan olahan dan kepengurusan legalitas usaha.

RM Mekaar Cilacap, Petik Irawati mengatakan, pembinaan rutin ini bagian dari komitmen PT PNM (Persero) dalam progam Mekaar di wilayah kerjanya. Tujuan pembinaan ini supaya nasabah PNM Mekaar dapat meningkatkan kapasitas usahanya.

Dia menuturkan, PNM tidak hanya fokus pada pembiayaan saja, melainkan melakukan pembinaan. Harapannya, usaha yang dimiliki para nasabah bisa naik kelas dan semakin besar.

"Besar harapan saya, semoga pelatihan ini sangat bermanfaat dan bisa berkelanjutan. Ilmu yang yang diperoleh dapat diterapkan. Mudah-mudahan klasterisasi ini bisa naik kelas, maju dan bisa membuka lapangan kerja untuk ibu-ibu lainnya," katanya.

Selain memberikan pelatihan, dalam kesempatan itu PT PNM secara simbolis menyerahkan sertifikat dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada nasabah PNM Mekaar.

Kabag PKU Mekaar Wilayah Barat M Dedy Triana berpesan di masa pandemi para nasabah untuk tetap berkarya membuat produk dan terus mengembangkan usahanya.*

Artikel Terkait