Nasional

Siap-Siap, Bulan Depan Pertamina Tarik Tabung Gas Elpiji 12 Kg Dari Peredaran

Oleh : Ronald - Sabtu, 17/10/2020 21:59 WIB

Tabung Gas Elpiji 12 Kg. (Foto : Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Pertamina (Persero) akan menerapkan strategi single brand untuk komoditas gas 12 kilogram. Dimana tabung gas Elpiji (tabung biru) bakal ditarik dari peredaran.

Pernyataan tersebut diketahui melalui beredar surat pemberitahuan penarikan tabung elpiji 12 kg oleh PT Wina Wira Usaha Jaya, salah satu agen resmi LPG Pertamina Yogyakarta. Dalam surat tersebut, seluruh pelanggan elpiji 12 kg diimbau beralih ke Bright Gas 12 kg (tabung pink).

Imbauan tersebut merujuk surat dari PT Pertamina Nomor 1736/Q24030/2020-S3 tertanggal 31 Mei 2020 mengenai Produk Tunggal Gas 12 kg.

"Mulai bulan November, tabung gas LPG 12 kg (biru) akan segera ditarik oleh Pertamina. Dan mulai Desember 2020, di Jogja sudah tidak ada lagi gas Elpiji 12 kg (tabung biru)," demikian pernyataan Manajer PT Wina Wira Usaha Jaya, Hervan Akadhina dikutip dari surat pemberitahuan itu.

Terkait hal itut, Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman mengatakan ini juga upaya perusahaan pelat merah meningkatkan pelayanan di sektor rumah tangga. Ia mengatakan Bright Gas lebih unggul karena "dilengkapi valve double spindle sehingga lebih aman mencegah kebocoran," ujarnya.

Kebijakan ini juga akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Namun Fajriyah menyampaikan bahwa penerapannya dilakukan secara bertahap.

“Ya, akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Namun prakteknya bertahap. Kalau di rumah masih ada yang tabung biru, ya dihabiskan dulu. Nanti kalau mau isi ulang, baru akan diganti ke Bright Gas,” ujar dia.

Meski Pertamina fokus pada pendistribusian tabung pink, Fajriyah bilang "bukan berarti tabung biru langsung otomatis tidak berlaku lagi," sebutnya.

Masyarakat yang bisa mengganti tabung gas biru kosongnya dengan tabung pink saat pengisian ulang, dengan catatan jika stok di agen tersedia.

"Penggantian tabung tersebut tanpa tambahan biaya dan harga isi ulangnya tetap sama dengan tabung biru," katanya.

Di situs Indomaret, Elpiji/Bright Gas isi ulang harganya Rp148 ribu. Sementara di situs jual beli online Tokopedia, harga tabung kosong Elpiji dan Bright Gas antara Rp200an-300an ribu. (rnl)

Berbeda dengan gas 3 kg (tabung hijau), baik Elpiji dan Bright Gas adalah komoditas non-subsidi.

Loading...

Artikel Terkait