Nasional

Sepekan Menjabat, Pjs Gubernur Sulut Laporkan Pelaksanaan Tugas kepada Mendagri

Oleh : very - Senin, 19/10/2020 23:10 WIB

Pjs. Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni. (Sulawesion.com)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni, menyampaikan laporan pelaksanaan tugas setelah sepekan menjalankan tugas baru sebagai Pjs Gubernur. Agenda persiapan Pilkada dan penanganan COVID-19 merupakan dua isu utama laporan tersebut.

Agus Fatoni yang juga adalah Kepala Badan  Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), dalam laporannya antara lain menyampaikan telah dilakukannya pertemuan dengan anggota Forkopimda dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut. Dalam pertemuan tersebut, materi pembahasan adalah persiapan Piulkada dan penanganan COVID-19.

Seperti dilaporkan melalui siaran pers oleh Staf Khusus Mendagri bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga, sehubungan dengan penanganan COVID-19, Pjs Gubernur telah melaksanakan peninjauan, evaluasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian pada siang dan malam hari.

Lebih jauh, pada 29 September Pjs Gubernur Sulut melaporkan telah diadakannya peluncuran Gerakan Sulut Sejuta Masker dan Pelepasan Mobil Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan. Kegiatan yang merupakan kerjasama dengan Polda Sulut tersebut, dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sulut, ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Tim Sukses Pemenangan paslon dan Anggota DPD RI Maya Rumantir.

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan juga diadakan pada setiap acara dan kegiatan yang berpotensi mengundang keramaian, seperti pada pelaksanaan HUT ke-86 GMIM di Kota Tomohon dan salat Jumat berjamaan di Masjid Raya Ahmad Yani, Manado.

Selanjutnya, Fatoni melaporkan telah dilakukannya konsolidasi dengan jajaran Pemprov, melalui rapat kerja dengan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Pejabat Eselon II, Pejabat Eselon II dan Pejabat Eselon IV. Fokus utama pada rapat konsolidasi tersebut adalah pelaksanaan Pilkada, penanganan COVID-19, percepatan penyerapan angagran, percepatan realisasi hibah Pilkada dan isu krusial lainnya.

Selain itu  Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulut pada 29 September 2020, telah menyampaikan dukungan penuh secara resmi kepad penugasan Pjs Gubernur Sulut. (Very)

Artikel Terkait