Nasional

BNPB Beri Pelatihan Manajemen Penanganan Darurat Bencana BPBD Kabupaten dan Kota

Oleh : Mancik - Sabtu, 24/10/2020 17:01 WIB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan pendampingan teknis sistem komando penanganan darurat bencana atau SKPDB kepada BPBD Kabupaten dan Kota.(Foto:Istimewa)

Serang, INDONEWS.ID - Setiap kejadian bencana membutuhkan manajemen penanganan darurat efektif dan akuntabel. Hal tersebut terwujud melalui pelatihan rutin yang dilakukan oleh pemangku kepentingan, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Menyikapi penguatan BPBD dalam manajemen penanganan darurat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan pendampingan teknis sistem komando penanganan darurat bencana atau SKPDB.

Berbagai materi diberikan untuk membangun manajemen penanganan darurat yang handal di daerah.  Kegiatan pelatihan kali ini diikuti oleh 105 personel dari 17 BPBD di tingkat provinsi dan 27 BPBD di tingkat kabupaten dan kota.

Pelatihan Manajemen Penanganan Darurat Bencana dibuka oleh Sekretaris Utama BNPB Harmensyah pada Senin (19/10) secara virtual.

Harmensyah berpesan, peserta pendampingan teknis ini agar menjalani kegiatan dengan bersungguh-sungguh sehingga pada saat kembali ke daerah masing-masing, peserta telah memahami dan dapat mempraktikkan SKPDB pada saat bencana.

"Diharapkan, pemerintah daerah tidak tergagap dalam penanganan darurat bencana,” ujar Harmensyah saat pembukaan.

Para pemateri topik manajemen penanganan darurat memiliki pengalaman dan pemahaman yang sangat baik di bidangnya, salah satunya mantan Kepala BNPB Syamsul Maarif yang memberikan materi kepemimpinan dalam penanganan darurat bencana.

Menurutnya, kepemimpinan merupakan elemen sangat penting dalam manajemen penanganan darurat. Tanpa kepemimpinan yang mumpuni, koordinasi dan operasi tidak akan berjalan dengan baik.

Di samping itu, materi lain yang diberikan kepada para peserta antara lain transformasi pusdalops, manajemen penanganan darurat bencana, koordinasi multipihak, perencanaan oeprasi darurat, manajemen SKPDB, sistem pelaporan dan jaringan komunikasi. Sedangkan pemateri, BNPB juga menghadirkan narasumber dari RAPI dan Orari.

Pelatihan manajemen penanganan darurat ini berlangsung empat hari dari 19 hingga 22 Oktober 2020 di Serang, Provinsi Banten. Pelatihan ini diselenggarakan dengan menekankan pada aspek keamanan dan keselamatan di tengah pandemi Covid-19, seperti mensyaratkan peserta untuk swab antigen dan penerapan protokol kesehatan.*

Artikel Terkait