Nasional

Sambut Libur Panjang, PT KAI : Pemesanan Tiket Capai 7.270 Perjalanan

Oleh : Ronald - Senin, 26/10/2020 21:30 WIB

Disampaikan Eva, untuk pemesanan tiket Kereta Api (KA) per 24 Oktober 2020 mencapai 7.270 perjalanan. Jumlah pemesanan tiket tersebut untuk keberangkatan pada 27 Oktober dan 28 Oktober 2020. (foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyediakan 27 perjalanan kereta api jarak jauh untuk libur panjang 27 Oktober sampai 1 November 2020. Kereta disediakan di tiga stasiun yaitu Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

"Penambahan jumlah perjalanan tersebut dilakukan untuk mendukung peningkatan volume penumpang," ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunnisa dalam keterangan resmi, Minggu (25/10/2020).

Disampaikan Eva, untuk pemesanan tiket Kereta Api (KA) per 24 Oktober 2020 mencapai 7.270 perjalanan. Jumlah pemesanan tiket tersebut untuk keberangkatan pada 27 Oktober dan 28 Oktober 2020.

"Data tersebut diprediksi dapat berubah dan mengalami peningkatan, karena masih terdapat pemesanan tiket secara online," ucap Eva.

Menurut Eva, jumlah rata-rata penumpang per hari pada momen libur panjang tersebut bertambah dua kali dibandingkan akhir pekan minggu lalu pada Jumat (16/10/2020) yakni sebesar 2.876.

"Untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa KA yang mengalami peningkatan, maka pada periode momen libur panjang ini akan ada penambahan 27 perjalanan KA jarak jauh per hari," ujar Eva.

Meski ada penambahan menjadi 27 perjalanan kereta, Eva memastikan kapasitas kereta tetap tidak berubah. Sesuai dengan protokol Covid-19, jumlah penumpang total dalam satu rangkaian tetap 70 persen dari kapasitas normal.

Syarat lain juga masih berlaku, seperti surat bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan. Lalu, calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, demam, serta suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Selain itu, calon penumpang harus menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI, mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA.

Calon penumpang juga dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket dan selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang tak hanya dilakukan di stasiun, sepanjang perjalanan petugas secara berkala juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang.

Jika diperjalanan penumpang memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka akan dipindahkan ke ruang isolasi sementara di atas KA. Selanjutnya penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Petugas juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan. Untuk menunjang protokol kesehatan tersebut, Daop 1 Jakarta juga telah menambah sejumlah fasilitas pencuci tangan, ketersediaan cairan antiseptik, dan pemasangan batas jarak fisik disejumlah area pelayanan.

Setiap 30 menit sekali, seluruh fasilitas di stasiun dan kereta juga dilakukan proses pembersihan menggunakan disinfektan. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait