Nasional

Moeldoko: Sektor Pertanian Indonesia Butuh Sentuhan Kaum Muda

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 28/10/2020 12:30 WIB

epala Staf Ahli Kepresidenan Selaku Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jendral TNI (Purn) Dr. Moeldoko bersama Pemimpin Redaksi Indonews.id Drs. Asri Hadi (foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Salah satu sektor yang mampu bertahan dari hantaman pandemi corona di Indonesia adalah pertanian. Ketika pertumbuhan ekonomi makro terkontraksi hingga minus 5,32, sektor pertanian justru tumbuh 2,19 pada kuartal II tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Ahli Kepresidenan Selaku Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jendral TNI (Purn) Dr. Moeldoko dalam acara Virtual Conference Yourfest 2020, Rabu (28/10).

"Peluang milenials atau kaum muda Indonesia di sektor pertanian masih terbuka lebar. Regenerasi petani petani menjadi kunci," kata Moeldoko di sela-sela pemaparannya dalam acara yang baru pertama kali diadakan di Indonesia itu.

Moeldoko menambahkan, berdasarkan data Survei Tenaga Kerja Nasional 2019 (Sakernas) menunjukkan bahwa generasi milenial 20-40 tahun, hanya 32,8 persen yang bekerja di sektor pertanian. Persentasi ini, katanya, adalah yang terendah dari sektor lainnya.

"Kaum milenial yang bekerja di sektor keuangan dan asuransi sebesar 73,2 persen, kesehatan dan sosial 69,5 persen, perusahaan 60,2 persen, pendidikan 54,2 persen, industri pengolahan 53,6 persen, lain-lain 41,6 persen," ungkap Moeldoko.

Untuk itu, ia mengajak kaum muda milenial, dengan semangat hari sempah pemuda agar mau terjun ke dunia pertanian yang saat ini membutuhkan sentuhan kaum muda dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi.

"Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia dan era digital menuntut penguasaan teknologi. Sehingga kemajuan pertanian dapat dicapai dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi. Hanya kaum muda yang bisa melakukan semuanya ini," tegas Moeldoko.

Terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id Drs. Asri Hadi, MA mengucapkan selamat kepada Jendral Moeldoko yang telah memberikan semangat dan mendorong kaum muda Indonesia untuk menangkap peluang dan menggeluti sektor pertanian di Indonesia.

"Selamat kepada Jendral Moeldoko atas pemaparannya yang sangat bermanfaat dan tentunya membuka paradigma baru bagi kaum muda terkait peluang di sektor pertanian Indonesia," ucap Asri dalam pesan singkat WhatsApp kepada redaksi.*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait