Nasional

Penjelasan Menteri BUMN soal Rencana Konsolidasi PNM, BRI & Pegadaian

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 19/11/2020 08:30 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (Foto: okezone.com)

Jakarta, INDONEWS ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BRI  disinergikan dengan dua perusahaan BUMN lainnya untuk memiliki satu data. Sehingga dalam penyaluran bantuan, terutama bagi UMKM bisa lebih mudah.

"Kemarin khususnya untuk usaha mikro kita coba sinergikan BUMN BRI, Pegadaian, Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk bisa mempunyai program satu data. Seperti konsolidasi himbara yang ada di banknya syariah," ujarnya, Selasa (17/11/2020).

Hal ini disampaikan Erick dalam acara webinar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Erick menyampaikan hal tersebut saat menjawab mengenai peran pemerintah terutama Bank Himbara yang didalamnya ada BRI dalam menyalurkan bantuan di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kemudian, untuk program terbaru pemerintah yakni penyaluran subsidi gaji bagi tenaga pendidik honorer, dirinya telah meminta semua bank Himbara memperbaiki datanya. Ini juga diharapkan agar semua bantuan bagi tenaga pendidik honorer ini bisa tersalurkan dengan baik.

"Karena itu kami di Kementerian BUMN berharap Himbara terus berkonsolidasi memperbaiki sistem dan servicenya dan paling penting mendukung program satu data pemerintah," kata dia.

Lanjutnya, program satu data ini menjadi sangat penting agar seluruh bantuan yang diberikan melalui bank Himbara bisa tepat sasaran.

"Kenapa penting? Karena kita ingin mendukung program pemerintah ke depan bahwa data-data ini akurat dan bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.*

 

Artikel Terkait